Teknoflas.com – Banyak orang yang ingin pergi liburan sendirian, namun kerap diselimuti rasa takut. Sebenarnya solo traveling alias liburan sendirian menawarkan pengalaman seru tak terlupakan.

Bagaimana pergi liburan sendirian tanpa teman? Jika masih takut dan ragu melakukannya, ikuti lima tips berikut ini!

tips solo traveling untuk pemula
tips solo traveling untuk pemula

1. Pikirkan sisi positif

Ada banyak sisi positif jika pergi liburan sendirian tanpa mengajak teman atau kerabat, salah satunya tak perlu repot mendiskusikan destinasi, tempat menginap hingga durasi traveling. Semua bebas diatur sendiri tanpa tekanan. Traveler bisa menikmati waktu perjalanan lebih lapang tanpa ada beban di hati. Adapun sisi positifnya yaitu kesempatan untuk bertemu dengan solo traveler lain

2. Simak cerita solo traveler

Banyak solo traveler yang mengungkapkan cerita dan pengalaman seru di internet. Nah, baca semua referensi yang ada untuk memperbesar niat liburan sendirian. Sejumlah solo traveler juga menulis sejumlah tips dan trik yang disertai foto-foto untuk dijadikan pedoman. Membaca semua cerita dan pengalaman akan mendongkrak semangat untuk jadi seorang solo traveler, coba buka saja situs forum atau sosial media yang menjadi tempat berbagi cerita.

3. Minta izin orang terdekat

Sebelum melakukan solo traveling, sebaiknya minta izin dahulu dengan orang terdekat entah itu pasangan suami-istri atau orangtua. Meski sederhana, pemberian izin membuat perjalanan jadi lebih nyaman dan tenang. Jika terjadi sesuatu dalam perjalanan, setidaknya ada orang terdekat yang bisa dimintai pertolongan. Selama menumpuh perjalanan, aktifkan terus ponsel agar mudah dihubungi.

4. Pilih destinasi yang aman

Jika masih tergolong baru dan belum pernah solo traveling, disarankan memilih tujuan wisata yang aman terutama jika berlibur ke luar negeri. Coba cari informasi di internet, di sana ada banyak lokasi tujuan wisata yang dikategorikan aman dengan tingkat kejahatan minim. Untuk wisata dalam negeri, pilih kota yang bersebelahan dengan kota asal.

5. Pelajari ilmu beladiri dasar

Bagi wanita yang ingin solo traveling, dianjurkan untuk membekali diri dengan ilmu beladiri dasar sebagai langkah antisipasi terhadap kejahatan yang bisa terjadi kapan saja. Kalau tidak sempat mengikuti kursus, coba saja belajar secara online dengan menonton video di YouTube.