plates-lg

Teknoflas.com – Beberapa orang merasa bahwa dirinya tidak dapat menggemukkan badan. Apakah Anda salah satunya? Bisa jadi anda salah satu orang yang secara genetik berbadang kecil, kemungkinan lain anda memiliki pola nafsu makan yang kurang. Bagi Anda yang termasuk dalam kesulitan untuk meningkatkan nafsu makan, sebuah penelitian menyarankan agar anda menggunakan piring yang lebih besar. Dengan cara tersebut, nafsu makan Anda akan bertambah. Namun jika anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya anda menggunakan piring yang lebih kecil dan menghindari yang lebih besar.

Penelitian mengenai hal tersebut dilakukan oleh University of Cambridge, Inggris. Orang yang mengonsumsi makanan dengan piring yang lebih kecil maka konsumsi makan mereka dapat menurun sekitar 16 persen, atau setara dengan 280 kalori.

Salah satu peneliti dari Satuan Peneliti Perilaku dan Kesehatan University of Cambridge, Gareth Hollands yang merupakan pemimpin studi tersebut, mengatakan bahwa mereka menantang beberapa asumsi yang menyatakan bahwa kurangnya terhadap kontrol diri adalah alasan dari makan terlalu banyak.

“Membantu orang-orang yang makan dan minum dengan porsi besar dengan mengurangi ukuran (piring), keberadaan dan daya tarik di toko, adalah cara yang baik untuk menolong orang-orang mengurangi risiko makan berlebihan,” Ungkap Hollands. 

Ketua nutrisionis di Kesehatan Umum Inggris yang bernama Alison akhirnya ikut mengeluarkan pendapat mengenai hal ini. Ia mengatakan bahwa hampir dua pertiga orang deasa memiliki kelebihan berat badan atau yang biasa disebut obesitas, sangat penting untuk mengawasi ukuran masak, belanja, dan makan orang-orang tersebut agar dapat menghindari makan berlebih dan menjaga berat badan yang sehat.

Dikutip dari laman Independent, hasil penelitian ini merupakan hasil penilaian baru dari 61 studi yang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini juga melibatkan lebih dari 6.700 peserta. Dan hasilnya diterbitkan oleh jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews.