Makanan-Pencegah-Jerawat

Teknoflas.com – Sebagian besar orang Indonesia merasa ‘belum makan’ jika belum makan nasi. Mereka menganggap bahwa nasi merupakan sumber karbohidrat utama yang tidak dapat diganti dengan apapun. Namun, ada penyangkalan untuk masalah ini. Seorang ahli gizi mengatakan bahwa ternyata buah dapat menjadi alternatif lain untuk mendapatkan karbohidrat selain nasi.

Jansen Ongko yang merupakan seorang ahli gizi mengatkan bahwa buah dapat menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan karbohidrat. “Buah itu bisa dijadikan alternatif karbohidrat kita¬†loh,” ungkap Jansen Ongko, saat menghadiri sebuah acara di Jakarta, Sabtu (19/9).


Ketika anda telah memilih buah sebagai sumber karbohidrat Anda dapat menghilangkan nasi sebagai konsumsi pokok, atau mungkin sebaiknya mengurangi konsumsi nasi.

Jansen menjelaskan bahwa buah adalah sumber karbohidrat yang baik. Buah juga mengandung sumber serat yang cukup tinggi dan pastinya sangat baik bagi tubuh manusia. “Buah itu mengandung serat tinggi, jadi bisa melancarkan pencernaan,” jelas Jansen. Selain itu, Jansen juga menjelaskan bahwa memakan buah sebagai sumber karbohidrat dapat menghindari penyakit kelebihan berat badan atau obesitas.
Jansen juga mengingat bahwa buah juga dapat menjadi penyebab obesitas.

“Yang namanya obesitas itu kan diakibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan, ya sama saja kalau makan buah terlalu banyak, hal itu bisa menyebabkan obesitas,” kata Jansen

Walaupun demikian, lanjutnya, buah tetap menjadi sumber karbohidrat terbaik. Bahkan lebih baik daripada nasi. Jansen juga menyarankan, jika telah memilih mengonsumsi buah sebagai sumber karbohidrat, sebaiknya anda mengurangi atau bahkan tidak menjadikan makanan lain sebagai sumber karbohidrat. Alasannya, kandungan air dalam buah itu sangat tinggi, maka dari itu buah dapat menjadi sumber alternatif lebih baik daripada nasi.