Teknoflas.com – Berhenti merokok tak berarti bebas dari godaan, justru ada sejumlah faktor yang membuat mantan perokok tergoda untuk kembali menghisap sebatang rokok saja. Supaya tak melanggar komitmen yang dibuat sejak awal, ada sejumlah tips yang wajib diterapkan.

Cara agar tak merokok lagi
Cara agar tak merokok lagi

1. Kendalikan Pikiran

Jangan mudah takluk dengan keinginan. Agar terbebaskan dari kebiasaan lama, diperlukan pola pikir yang baik dan tepat. Singkirkan semua pikiran negatif yang mengganggu dan menggagalkan semua rencana yang sudah dipersiapkan dengan matang.

Pikirkan tentang kesehatan yang sudah semakin membaik usai berhenti merokok, pertegas kembali komitmen sejak awal. Ciptakan pikiran bahwa merokok merupakan racun yang akan berdampak buruk untuk diri sendiri. Pikirkan juga soal istri, anak dan keluarga. Dengan demikian, niat untuk kembali merokok akan musnah.

2. Teguh pada kebiasaan baru

Mantan perokok yang berhenti biasanya punya kebiasaan baru untuk menghilangkan kebiasaan lamanya. Beberapa diantaranya punya cemilan sebagai pengganti rokok seperti permen cengkeh atau permen karet. Saat kumpul bersama teman atau saudara yang masih aktif merokok, pastikan selalu membawa camilan ini supaya tak tergoda untuk menghisap sebatang rokok pun.

3. Rutin olahraga

Kegiatan paling efektif melawan keinginan merokok adalah olahraga. Oleh karena itu jangan pernah berhenti meski sudah merasa tubuh semakin baikan. Berdasar penelitian, dari 10 orang yang memutuskan istirahat dari olahraga rutin, hanya 1-2 orang saja yang berhasil bertahan untuk menjauhi rokok dan tetap hidup sehat.

Perlu diketahui, olahraga tak hanya menyehatkan tubuh namun meningkatkan kualitas hidup secara tidak langsung. Selain itu, berhenti merokok akan membuat kulit sehat karena memperoleh kembali nutrisi yang sempat hilang

4. Catatan buku jurnal

Agar lebih semangat meninggalkan kebiasaan buruk, catat semua perkembangan saat menjauhi rokok. Tuliskan semua yang berhasil dicapai sebagai pengingat untuk tidak kembali mengulangi kesalahan yang sama sebagai perokok aktif. Luangkan waktu untuk membaca kembali semua catatan yang tertulis pada buku jurnal lalu tanamkan pada pikiran. Dengan demikian, hasrat untuk kembali merokok bisa ditekan.