shalat

Teknoflas.com Tinggal hitungan hari lagi umat islam diseluruh penjuru dunia akan melaksanakan shalat Ied bersama atas perayaan Idul Adha yang ke 1436 Hijriyah. Umat Islam memang disunnahkan untuk shalat Ied, disamping juga adanya anjuran untuk berqurban terutama bagi masyarakat yang mampu untuk saling berbagi ke sesama dan juga semakin mendekatkan diri kita pada sang pencipta.

Pelaksanaan sholat Ied pada Idul Adha sendiri, tidak jauh berbeda dengan shalat Idul Fitri. Hanya saja perbedaannya terletak pada niat. Namun, waktu pelaksanaan dan tata cara shalatnya tak memiliki perbedaan dengan Idul Fitri. Waktu shalat ditepatkan pada pagi hari, paling tidak jam 07.00 WIB sudah dimulai, bahkan ada yang lebih pagi yaitu jam 06.00 – 06.30 WIB. Sholat dengan 7 takbir, terdiri dari dua rakaat dan disertai pula dengan ceramah yang diisi oleh khotib.

Bedanya di hari raya Idul Adha ini, jika biasanya pada momen Fitri, setelah sholat Ied, umat islam biasanya langsung pulang atau masih salam-salaman dan silaturahmi kesesama umat muslim dan saling memaafkan. Namun kali ini di Idul Adha, setelah shalat Ied, di luar masjid atau jika sholatnya di lapangan pasti sudah disediakan atau terdapat hewan seperti sapi atau kambing misalnya yang akan dijadikan sebagai hewan qurban. Penyembelihannya dilaksanakan setelah sholat Ied atau bisa juga sorenya.

Untuk masalah shalat sendiri, berikut niat shalat Idul Adha bagi seorang Imam :

USHALLI SUNNATAN LI’IDIL ADHA ROK’ATAINI IMAMAN LILLAHI TA’ALA

Artinya: Niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai imam karena Allah.

Niat shalat Idul Adha sebagai Makmum:

USHALLI SUNNATAN LI’IDIL ADHA ROK’ATAINI MAKMUMAN LILLAHI TA’ALA

Artinya: Niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah.