haji

Teknoflas.com Pelaksanaan hari raya Idul Adha yang sudah semakin dekat tentu menjadi kabar gembira dan momen yang di tunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Dihari raya ini juga merupakan hari perjuangan bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah haji yang merupakan rukun islam ke lima. Disamping itu tak terlupakan pula, qurban yang merupakan hal selalu ada pada saat perayaan hari besar umat muslim ini.

Arti dari hari raya Idul Adha sendiri memiliki arti yang luas, hari itu adalah hari besar umat islam seluruh dunia. Memperingati kisah nabi Ibrahim dan anaknya nabi Ismail tentang qurban yang dijalankan hingga saat ini. Hewan qurban berupa kambing ataupun sapi yang kemudian dagingnya di bagikan bagi masyarakat atau saudara-saudara yang tak mampu atau kaum dhuafa sebagai wujud kita peduli terhadap sesama.

Di momen yang sakral ini juga dilaksanakan shalat Ied bersama biasanya dilakukans secara ramai-ramai persis seperti pelaksanaan shalat Idul Adha hanya saja pada Idul Fitri tak terdapat penyembelihan hewan qurban. Berqurban sendiri memang dianjurkan oleh Allah SWT.

Hari raya Idul Adha yang jatuh di tanggal 10 Dzulhijjah ini adalah hari tepat 70 hari pasca perayaan hari besar islam juga yaitu Idul Fitri. Puncak dari perayaan hari raya Idul Adha selain hanya berqurban yaitu pelaksanaan ibadah haji. Bahkan tak jarang Idul Adha disebut sebagai Lebaran haji karena memang pelaksanaannya yang bertepatan di hari raya umat islam ini.

Tepatnya di kota kecil bernama Mina yang terletak di Arab Saudi, merupakan tempat dimana bagi para umat muslim yang menjalankan ibadah haji melemparkan tiga buah batu. Hal ini dilakukan sebagai lambang bahwa batu yang dilempar itu merupakan iblis dan haru dilempari dengan batu oleh umat Muslim yang sedang melaksanakan rukun islam kelima itu.