animasi-hari-raya-idul-adha-20145

Trentekno.com Pelakasanaan hari raya Idul Adha 1436 yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dimana pemerintah sendiri telah menetapkan bahwa 10 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 24 September 2015 secara umum. Meski adanya perbedaan mengenai penetapan hari raya qurban ini antara ormas Muhammadiyah dan keputusan pemerintah melalui rukyat, tetap saja tidak mengurangi esendi dari hari besar umat muslim seluruh dunia ini.

Nah, bagi umat islam yang sudah paham pastilah mereka mengerti bahwa ada keutamaan untuk berpuasa sunnah di hari-hari mendekati hari raya Idul Adha ini, tanggalnya terletak pada tanggal 1-7 Dzulhijjah, berpuasa di tiga hari sebelum hari raya hukumnya haram. Allah memang menganjurkan berpuasa sunnah di tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah ini.

Berpuasa pada umumnya adalah sesuatu yang mulia, karena melatih kita untuk bersabar dan berikhlas diri berserah padaNya agar iman kita semakin kuat, tak goyah dan yang pasti selalu berada di jalan yang diridhai oleh Allah SWT.

Bagi anda para pemula yang masih belum memahami bagaimana berpuasa di bulan Dzulhijjah ini, sama seperti berpuasa pada umumnya. Bedanya ya hanya pada niat puasanya saja. Inilah niat berpuasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah 1436 H :

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
“NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya : Aku niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya: Aku niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMA ‘AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya : Aku niat puasa sunnah arofatt karena Allah Ta’ala