Teknoflas.com – Meskipun internet bukan barang baru di kehidupan modern ini, masih ada sejumlah netizen yang lengah saat memakainya sehingga menjadi korban kejahilan ‘orang-orang tak bertanggung jawab’. Oleh karena itu, sebelum menjelajahi dunia maya maka perlu membekali diri dengan pengetahuan keamanan online.

Menanggapi hal ini, Manager Product Security Facebook, Melissa Luu-Van, punya lima trik aman yang harus diingat selalu netizen selama berselancar di dunia maya.

Melissa Luu-Van, pakar keamanan Facebook
Melissa Luu-Van, pakar keamanan Facebook

1. Racik password apik

Netizen harus paham bahwa kejahatan online selalu diawali dengan pembobolan password. Oleh karena itu, Luu-Van menyarankan agar menghindari pemakaian satu password yang seragam untuk beragam layanan online. Memang bukan hal mudah mengingat beragam password untuk beragam layanan online, namun itu lebih baik daripada ancaman resiko pembobolan. Susun password dengan karakter panjang dan tak mudah ditebak. Sebaiknya memperbarui password setiap beberapa periode.

2. Gunakan perlindungan tambahan

Demi melindungi akun, Luu-Van menyarankan untuk memakai perlindungan tambahan atau ekstra layer. Pernyataan ini mengacu pada pemakaian two-step verification atau verifikasi dua langkah yang merupakan cara bagi website untuk memberitahukan keaslian pemilik akun sesudah login. Biasanya website mengirim pesan teks yang memuat sebuah kode.

3. Mengetahui ‘permintaan’ aplikasi

Usai mengunduh dan menginstal aplikasi, biasanya muncul pemberitahuan yang meminta izin akses sejumlah informasi yang tersimpan di dalam smartphone. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengecek informasi apa saja yang ada di dalam smartphone sebab semua bisa saja terbaca atau diakses oleh aplikasi. Luu-Van mengingatkan netizen untuk selalu meninjau informasi sebelum diakses oleh aplikasi tertentu.

4. Buat kontak cadangan

Saat membuat akun pada sebuah layanan online, disarankan untuk membuat kontak cadangan demi menghindari lupa password. Jadi akun tetap bisa diakses kembali. Oleh karena itu, gunakan nomer ponsel atau email cadangan untuk mendapatkan kode khusus sehingga akun yang terkunci bisa dibuka kembali. Perlu diingat, kontak cadangan tak menyimpan password, tetapi menghantarkan kode untuk mengubah password lama dengan yang baru.

5. Menyiapkan warisan

Netizen wajib memperhatikan poin ini meski terdengar agak aneh. Tunjuk satu orang terpercaya untuk menjaga akun-akun layanan online sebagai langkah antisipasi terhadap sesuatu yang tak diinginkan. Luu-Van menyebut Facebook sudah menyiapkan fitur Legacy Contact yang mengijinkan orang-orang terpercaya untuk mengurus akun disaat si pemilik meninggal.