Teknoflas.com – Kambing dan sapi merupakan hewan kurban populer di Indonesia. Permintaan kedua hewan ternak itu meningkat drastis jelang Idul Adha. Walaupun demikian, ada sembilan fakta unik seputar kambing dan sapi yang tidak diketahui oleh sebagian besar masyarakat umum.

Fakta Kambing & Sapi
Fakta Kambing & Sapi

1. Kambing hewan manja

Rumput dan dedaunan merupakan makanan favorit kambing, namun ketika sudah terjatuh ke tanah maka kambing enggan memakannya walaupun masih segar. Oleh karena itu, kambing disebut sebagai hewan manja karena sifatnya yang aneh. Guna mengakalinya, peternak kambing membuat kandang model panggung agar rumput tak langsung jatuh ke tanah.

2. Kambing hewan ternak pertama manusia

Berdasarkan temuan para sejarawan, kambing merupakan hewan ternak pertama manusia. Pendapat ini lahir setelah ditemukan lukisan berusia 12.000 tahun di dinding gua yang ada di daerah Eropa.

3. Kambing penemu kopi

Kambing disebut sebagai penemu kopi. Pernyataan ini lahir menurut cerita turun menurun kala seorang penggembala heran dengan tingkah laku kambingnya yang enerjik dan lincah. Setelah mengamati kebiasaan makan si kambing, diketahui jika suka konsumsi biji kopi. Sejak itulah kopi mulai dikembangkan dan dibudidayakan.

4. Pupil mata kambing unik

Berbeda dari manusia yang memiliki pupil mata bulat, maka kambing punya pupil mata segi empat sehingga pandangan mencapai 320-340derajat. Pupil itu membuat kambing bisa melihat keadaan malam dengan sangat baik. Tak hanya itu, pupil mata kambing juga bisa membatasi dan mengatur cahaya yang masuk.

5. Sapi menghadap utara ketika makan

Sapi tergolong unik ketika makan dan suka menghadap ke arah utara. Mengapa demikian? Ternyata sapi memiliki kemampuan kompas alami untuk melacak medan magnet bumi lalu menghadap utara secara otomatis.

6. Produksi susu sapi dipengaruhi mood

Sebagai penghasil susu terbanyak di dunia, mood sapi harus dipertahankan sebaik mungkin. Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa produksi susu akan meningkatkan bila hewan tersebut dalam mood bagus. Tak heran jika peternakan sapi sering memutarkan lagu untuk menjaga mood si sapi.

7. Sapi punya indera tajam

Tak jauh berbeda dari kambing, pupil mata sapi juga segi empat dengan kemampuan melihat hampir 360 derajat serta kemampuan melihat beragam warna, kecuali merah. Hidung sapi bahkan bisa mencium hingga jarak 8 km. Sapi memakai ekspresi muka, posisi tubuh dan suara untuk berkomunikasi.

8. Sapi jalan lebih cepat

Ketika berada di tanah berlumpur, sapi bisa berjalan lebih cepat mengalahkan kuda. Kuku kaki yang lebar membuat sapi bebas berjalan tanpa takut terbenam dalam lumpur.

9. Sapi bisa naik tangga

Tak kalah dari kambing, sapi pun bisa menaiki tangga. Uniknya, tak bisa menuruni anak tangga karena lutut tak bisa menopang dan menekuk dengan sempurna.

Itulah sembilan fakta seputar kambing dan sapi yang harus anda ketahui jelang Idul Adha. Coba buktikan sendiri jika masih ragu dan tak percaya.