Teknoflas.com – Seperti diketahui, Apple sudah merilis iOS 9 untuk semua perangkat mobile-nya termasuk iPhone. Beragam fitur anyar yang diberikan, salah satunya modus hemat baterai untuk meningkatkan efisiensi daya.

Jika iPhone kesayangan sudah update ke iOS 9, ada baiknya memanfaatkan keunggulan dari sistem modus daya rendah atau dikenal dengan istilah low power mode.

Mengaktifkan Low Power Mode di iOS 9
Mengaktifkan Low Power Mode di iOS 9

Sebagai informasi, modus daya rendah merupakan fitur anyar yang hanya tersedia untuk iOS 9 untuk menonaktifkan atau membatasi fitur tertentu sehingga daya baterai iPhone lebih panjang. Adapun fitur-fitur yang sengaja dimatikan sementara waktu adalah pemberitahuan push, aplikasi latar belakang hingga beberapa sensor telepon dimatikan.

Tak hanya itu saja, modus daya rendah juga membuat iPhone kesayangan tidur lebih cepat dan tingkat kecerahan layar meredup. Ini akan berpengaruh terhadap kinerja prosesor serta jaringan kecepatan yang mengurangi konsumsi daya smartphone.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan modus daya rendah? Pertanyaan sederhana itu muncul ketika daya baterai iPhone semakin menipis, misalkan tinggal 20%. Sebenarnya tidak begitu sulit mengaktifkan fitur hebat ini, semua selesai dalam waktu kurang dari 30 detik saja.

Mengaktifkan modus ini tak perlu menunggu hingga baterai di posisi mepet alias krisis. Ada baiknya aktif sejak awal demi mengurangi konsumsi daya berlebih. Ikuti saja langkah-langkah sederhana berikut ini!

  1. Coba buka ‘Settings’.
  2. Silahkan cari ‘Battery’.
  3. Lalu coba aktifkan ‘Low Power Mode’ untuk mulai berada di modus rendah daya.

Usai membalik slider, maka secara otomatis pesan pop-up bakal muncul untuk meminta konfirmasi bahwa modus daya rendah segera diaktifkan. Jika modus daya rendah sudah aktif, maka secara otomatis pula warna indikator baterai berubah menjadi kuning. Ternyata mudah sekali mengaktifkan fitur penghemat baterai di iOS 9. Coba buktikan!