Teknoflas.com – Penyebab tragedi Mina 2015 akhirnya diungkapkan langsung oleh Wakil Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Sunarko. Seperti diketahui, peristiwa berdarah ini terjadi di Mina, Arab Saudi, pada Kamis, 24 September 2015 yang memakan 310 korban jiwa.

Menurut laporan saksi mata, penyebab tragedi Mina dimulai saat sekelompok jemaah tiba-tiba berhenti sesaat di tengah jalan. Kelompok itu berhenti sebelum tempat lontar jumrah di antara tenda-tenda.

Jemaah berhenti tiba-tiba diklaim penyebab tragedi mina
Jemaah berhenti tiba-tiba diklaim penyebab tragedi mina

“Jadi sekelompok jemaah tiba-tiba berhenti, sehingga mengakibatkan penumpukan dan desak-desakan antar jemaah yang ada di barisan belakang,” ungkap Sunarko, Kamis, (24/09/2015).

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar yang menyebutkan warga Indonesia menjadi korban terluka atau tewas. Sunarko menambahkan, Konsulat Jenderal Indonesia sudah tiba di Jeddah dan mengecek ke rumah sakit Mina untuk mencari informasi kemungkinan korban WNI.

“Sudah dilakukan pengecekan ke rumah sakit, sejauh ini belum ada warga negara kita jadi korban,” ungkapnya.

Penyebab tragedi Mina juga sudah disampaikan langsung oleh Kementerian Pertahanan Sipil Arab Saudi. Kantor berita Reuters turut menginformasikan jumlah korban via Twitter, diketahui bahwa 450 orang menderita luka-luka sementara 310 orang tewas karena terinjak.

Kejadian itu sempat menimbulkan kepanikan, operasi penyelamatan segera dilakukan. Semua berawal saat ratusan ribu peziarah turut ambil bagian dalam melempar jumrah yang dikenal sebagai prosesi terakhir ibadah haji.

Menurut laporan Koresponden Al Arabiya News Channel, penyebab tragedi mina akibat sekelompok jemaah yang berhenti tiba-tiba terjadi di pintu masuk dari Jamarat, jembatan dekat Jalan 204. Sempat pula terlihat cuplikan adegan operasi penyelamatan dimana orang-orang tergeletak di lantai, sementara korban terluka dirawat oleh kru penyelamat darurat.