Teknoflas.com – Apple sudah merilis iPhone seri terbaru dengan spesifikasi dan fitur yang jauh lebih baik dibandingkan seri-seri sebelumnya. Meskipun demikian, sejumlah pengguna enggan mengganti ponsel kesayangan setelah menemani keseharian dalam suka maupun duka.

Agar tidak kalah dari seri keluaran terbaru, coba terapkan sembilan tips cerdas meningkatkan performa iPhone generasi jadul berikut ini!

Optimalkan Baterai iPhone (doc/tokopedia.com)

1. Hapus aplikasi pemakan memori

Jika suatu aplikasi memakan ruang cukup besar dan tak diperlukan lagi, lebih baik dihapus saja. Luangkan waktu mengecek penggunaan (usage) di pengaturan umum (general settings) untuk mengetahui aplikasi yang paling boros.

2. Bersihkan cache

Menghapus aplikasi tak terpakai masih belum cukup, pemilik ponsel perlu membersihkan data (cache) tak perlu. Agar lebih efektif, coba hapus suatu aplikasi penting lalu instal kembali. Rasakan saja perbedaan utamanya!

3. Nonaktifkan GPS

Mengaktifkan fitur GPS setiap saat justru menguras baterai lebih cepat yang secara langsung mempengaruhi performa. Nonaktifkan saja bila tak diperlukan, fitur ini hanya berguna untuk membantu pencarian alamat atau lokasi.

4. Kurangi fitur animasi & tingkatkan kontras

Fitur animasi pada iOS versi terbaru memang memukau, namun mempengaruhi performa dan konsumsi baterai. Disarankan untuk menguranginya via accessibility di general settings, pilih reduce motion. Untuk menjajal pilihan pengaturan grafis dan kontras, pilih increase contrast.

5. Hapus foto & video

Menyimpan foto dan video di ponsel justru memakan memori. Sebaiknya dipindahkan ke desktop atau back up demi menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan. Semakin lapang ruang memori, kinerja smartphone kesayangan makin optimal.

6. Nonaktifkan Background App Refresh

Menonaktifkan Background App Refresh akan membuat kinerja iPhone lama jadi lebih cepat. Dengan demikian, tak ada lagi aplikasi yang berjalan terus-menerus ketika lupa ditutup.

7. Hapus tumpukan pesan teks

Meski terdengar sepele, ternyata tumpukan pesan teks yang tak terhapus sekian lama turut mengurangi performa smartphone kesayangan. Untungnya iOS menyediakan fitur penghapusan otomatis setiap 30 hari.

8. Restore

Sudah coba semua cara di atas namun tak ada perubahan? Solusi satu-satunya yaitu restore alias factory reset. Langkah ini akan menghapus semua pengaturan dan kembali ke kondisi semula seperti pertama kali dibeli. Disarankan back up terlebih dahulu sebelum melakukan restore.

9. Update iOS 9

Apple baru saja merilis iOS 9 yang disebut lebih ramah bagi smartphone keluaran generasi jadul. Fakta ini bukan mengada-ada, iOS 8 memakan kapasitas 4,5GB sedangkan iOS 9 hanya 1,3GB.