50

Teknoflas.com – Anak-anak cenderung tidak menyukai sayur-sayuran, bahkan buah-buahan. Namun, pernahkah anda terpikirkan bahwa anak sebenarnya memiliki buah yang paling digemari?

Terdapat ebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Pediatrics meneliti tentang sumber konsumsi buah pada anak-anak. Ternyata secara garis besar, 53 persen anak memilih memakan buah secara utuh dan 34 persen lainnya menikmati dalam bentuk jus, dan sisanya tidak mengonsumsi buah sama sekali. Salah satu peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi buah secara cair atau jus seringkali berlebihan karena anak tidak akan merasa kenyang. Akibat dari itu, kalori yang masuk ke tubuh anak akan lebih banyak. Apalagi jika jus tersebut ditambah dengan gula, susu, atau pemanis lainnya. Hal tersebut diungkapkan pada CNN, Jumat (25/9/2015)

Studi ini melibatkan 3.000 anak dengan rentang usia 2-19 tahun di Amerika Serikat. Para partisipan adalah anak-anak yang sebelumnya telah mengikuti National Health and Nutrition Examination Survey pada tahun 2011 hingga 2012.

Dari penelitian itu ditemukan bahwa apel (18,9 persen), kemudian pisang (6,8 persen) dan melon (6 persen) menjadi sumber konsumsi buah utama pada anak-anak. Jeruk (4,6 persen), persik (3,5 persen), anggur (2,8 persen) dan buah kering (0,6 persen) menempati posisi selanjutnya. Walaupun demikian, sumber buah cair seperti jus juga tidak kalah. Jus jeruk (14,3 persen), jus apel (10,3 persen) dan jus anggur (9 persen) adalah tiga minuman utama yang digemari oleh mereka. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa anak-anak di Amerika Serikat mengonsumsi sekitar 1,25 buah per harinya. Angka ini cukup bagus karena isebaiknya anak-anak mengonsumsi 1 hingga 2 buah setiap harinya.