Teknoflas.com – Berdasarkan sebuah hasil studi Tuttosport, AS Roma diprediksi gagal meraih gelar juara Seri A musim 2015/16 meskipun baru memainkan lima laga. Hal ini juga berlaku bagi rivalnya dalam beberapa musim terakhir, Juventus.

Bila dibandingkan AS Roma, maka keadaan Juventus lebih buruk lagi. Sang juara bertahan Seri A itu hanya meraih lima poin dari lima laga perdana di musim ini. Sejarah membuktikan dalam 20 tahun terakhir, tak ada satu tim pun yang keluar sebagai juara karena mengawali kompetisi dengan start buruk.

AS Roma gagal juara Seri A 2015/16...?
AS Roma gagal juara Seri A 2015/16…?

Bahkan Juventus mengawali start terburuk dalam sejarah yang terakhir kali dialami pada tahun 1970. Berdasarkan statistik dalam dua dekade terakhir, Juventus harus berbenah dan bekerja lebih keras lagi jika berkeinginan lolos ke Liga Champions musim depan.

AS Roma yang mengoleksi delapan poin bisa dikatakan lebih baik daripada Juventus, namun prospek meraih gelar juara tergolong berat. Totti cs unggul tiga poin atas sang rival dan meraih kemenangan manis 2-1 di pekan kedua Seri A 2015/16.

Dilansir Teknoflas.com dari laman Tuttosport, AS Roma hanya punya peluang lima persen memenangi gelar Seri A musim ini berdasarkan ‘satu kasus’ hasil studi sejarah dalam 20 tahun terakhir. Sewaktu Allegri masih melatih AC Milan di musim 2010/11, mereka berhasil keluar sebagai juara meskipun hanya mengoleksi delapan poin dari lima laga perdana Seri A.

Giallorossi sempat berpeluang merebut gelar juara di musim 2009/10 saat hanya mengoleksi tujuh poin dari lima laga perdana Seri A. Namun gagal mengejar Inter Milan yang saat itu dilatih oleh Jose Mourinho.

Inter Milan di bawah asuhan Roberto Mancini punya peluang besar menjuarai Seri A usai menjalani lima laga perdana musim ini dengan poin sempurna. Sejauh ini hanya AS Roma yang gagal menjadi juara meski meraih lima kemenangan beruntun di awal musim, yakni 2013/14 dan 2014/15. Sementara itu, Inter Milan meraih poin 11, 11, 10 dan 13 dari lima laga dan berhasil keluar sebagai juara Seri A sebanyak empat kali.

Walaupun peluang AS Roma menjuarai Seri A tergolong berat, mereka masih punya kesempatan merebut tiket Liga Champions musim depan. Dalam 20 tahun terakhir, ada tim yang delapan kali berhasil finis di tiga besar meski mengoleksi delapan poin dari lima laga. Akan tetapi hanya empat kali saja yang berhasil finis di peringkat kedua.

Akankah prediksi di atas berlaku bagi AS Roma? Hasil studi Tuttosport berdasarkan catatan sejarah dalam 20 tahun terakhir, namun Totti cs tetap punya peluang juara jika Rudi Garcia berhasil mengikuti jejak langkah Allegri sewaktu melatih AC Milan di musim 2010/11.