Teknoflas.com – Saat ini semakin beragam jenis penginapan yang bisa dipilih oleh wisatawan, salah satunya yaitu hostel. Meskipun tidak semewah hotel, namun ada sejumlah keuntungan hebat bila menginap di hostel.

manfaat nginap di hostel
manfaat nginap di hostel

1. Jumpa kenalan baru

Hostel memang tidak se-privasi hotel sehingga lebih cocok untuk para solo traveler. Di sini berkesempatan jumpa dengan orang baru karena umumnya satu ruang tidur diisi oleh banyak orang. Penginapan juga dilengkapi sejumlah fasilitas nongkrong seperti kafe mini dan lounge untuk bercengkrama dengan kenalan baru yang tengah berlibur sebagai solo traveler atau rombongan.

2. Serba murah

Biaya menginap di hostel jauh lebih murah karena memakai hitungan per kasur, bukan per kamar layaknya hotel. Selain itu, makanan dan minuman yang tersedia harganya jauh lebih ramah di kantong, soal rasa memang tidak kalah dari buatan koki restoran di hotel berbintang.

3. Tempat nongkrong asyik

Walaupun hostel tak memiliki lounge mewah layaknya hotel, namun tetap asyik dijadikan tempat nongkrong. Hampir sebagian besar hostel dihuni solo traveler berusia muda sehingga lebih gampang berbaur dengan orang baru. Jangan ragu ikut berbaur sambil berbincang atau mendengarkan cerita pengalaman liburan, mungkin saja bisa dijadikan referensi destinasi berikutnya.

4. Internet dan komputer gratis

Hostel juga dilengkapi sejumlah fasilitas hiburan seperti komputer umum yang dilengkapi jaringan internet. Sebagian besar hostel bahkan sudah menyediakan wifi gratis. Selain itu, ada pula bahan bacaan dan televisi untuk mengusir rasa suntuk. Beberapa hostel ada yang menyediakan televisi di setiap ruang kamar, ada pula yang hanya terpusat di lounge atau kafe.

5. Teman jalan

Kesempatan bertemu kenalan baru berarti kemungkinan dapat teman jalan semakin besar. Jika ada solo traveler atau rombongan lain dengan tempat tujuan yang sama, minta saja untuk bergabung. Jalan-jalan lebih seru dan menyenangkan jika dalam rombongan, tentu saja bisa menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi.

Itulah enam keuntungan hebat menginap di hostel saat berlibur. Tempat penginapan ini sangat disarankan bagi solo traveler yang ingin liburan murah dan seru.