Teknoflas.com – WhatsApp merupakan layanan pesan singkat terpopuler dengan jumlah pengguna lebih dari 900 juta orang yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Walaupun jumlah pengguna terus membludak setiap tahun, ternyata hanya sebagian saja yang mengetahui delapan fitur serbaguna ini.

8 fitur whatsapp
8 fitur whatsapp

1. Siapa paling sering berkomunikasi

Siapakah orang yang paling sering berkomunikasi dengan anda di WhatsApp? Bagi pengguna iPhone, silahkan akses menu Settings -> Account -> Storage Usage. Nantinya muncul daftar kontak yang paling sering berkirim pesan beserta jumlah pesan yang terkirim ke anda. Sayangnya fitur ini tak ada untuk perangkat android.

2. Nonaktifkan notifikasi suara di grup

Menerima notifikasi chat terkadang menyebalkan karena smartphone terus berbunyi. Gunakan saja fitur Mute Group untuk mengatasinya. Masuk ke grup, pencet dan tahan nama grup hingga muncul opsi ‘Mute’. Nantinya pengguna bisa menentukan lama durasi mute sesuai keinginan.

3. Nonaktifkan fitur Last Seen

Jika tak ingin orang lain mengetahui kapan anda terakhir kali membuka WhatsApp, matikan saja fitur ‘Last Seen’. Buka Setting -> Account -> Privacy -> Last seen. Nantinya muncul sejumlah opsi bebas pilih sesuai keinginan. Efek samping dari menonaktifkan fitur ini yaitu tak bisa mengetahui last seen orang lain.

4. Mengubah nomer telepon

Tak perlu pasang ulang WhatsApp jika ingin memakai nomer baru. Ubah saja nomer telepon sehingga info akun, grup dan pengaturan akan berpindah dengan mudah. Silahkan akses Settings -> Account -> Change Number. Ikuti semua instruksi yang diberikan.

5. Membedakan notifikasi setiap grup

Setiap grup di WhatsApp bisa memiliki notifikasi yang berbeda-beda. Silahkan akses fitur ‘Custom Notifications’ di setiap grup dimana bisa mengatur pop-up notifikasi dan nada.

6. Hemat memori ponsel

Semua file yang di-share di WhatsApp sebenarnya tidak perlu tersimpan secara otomatis di memori ponsel. Langkah ini cocok untuk menghemat memori ponsel yang kian menipis. Untuk mengaktifkannya di perangkat iOS, silahkan akses Settings -> Privacy -> Photos lalu jangan beri tanda centang kolom WhatsApp.

7. Mengetahui siapa yang baca pesan di grup

Untuk mengetahui siapa saja yang baca pesan di grup sangat mudah. Untuk perangkat iOS, tekan saja pesan yang ada di grup, lalu geser ke kiri. Nanti muncul nama-nama yang sudah membaca pesan. Untuk perangkat Android, tekan pesan di grup hingga muncul logo i atau Message Info yang berisi daftar nama yang telah membaca pesan.

8. Nonaktifkan fitur Read Receipts

Sebenarnya fitur Read Receipts punya fungsi penting untuk mengetahui pesan sudah terbaca atau belum. Jika ingin lebih privasi, fitur ini bisa dimatikan lewat akses Settings -> Account -> Privacy.