Teknoflas.com – Danau Kelimutu di Ende, NTT menyajikan pemandangan alam yang indah dan tak terlupakan. Jika ingin menghabiskan waktu liburan di sini, maka ada lima tips yang wajib dijalani oleh para wisatawan.

Tips liburan ke Danau Kelimutu
Tips liburan ke Danau Kelimutu

1. Bangun pagi buta

Danau Kelimutu menyuguhkan keindahan panorama yang mengagumkan di pagi hari, terutama saat matahari terbit alias sunrise. Jika menginap di sekitar Kota Ende dan ingin menikmati momen tersebut, disarankan berangkat ke lokasi sejak pukul 3 pagi WITA. Jika menginap di desa Moni, maka disarankan berangkat ke lokasi sejak pukul 4 pagi WITA. Karena perjalanan menuju puncak masih minim penerangan, bawalah senter.

2. Siapkan kamera

Percuma sudah sampai lokasi puncak dan melihat sunrise tetapi lupa mengabadikan momen. Sebaiknya bawa kamera untuk keperluan dokumentasi atau sekedar eksis. Kamera smartphone, Go Pro, DSLR dan sebagainya wajib dibawa biar enggak nyesal. Sebelum berangkat, pastikan baterai masih penuh dan memori kosong sehingga lebih banyak momen diabadikan.

3. Jaga stamina

Liburan ke Danau Kelimutu butuh stamina prima karena wisatawan harus trekking setidaknya 30-45 menit hingga menginjakkan kaki di puncak. Biar enggak kehausan di tengah perjalanan, jangan lupa membawa air minum dan bekal penambah stamina. Selain itu, lindungi tubuh dengan baju dan sepatu nyaman karena di atas puncak angin bertiup kencang.

4. Kenakan sarung khas Ende

Jangan lupa mengenakan kain sarung tradisional khas Ende meskipun bukan aturan tertulis. Langkah ini sebagai bentuk penghormatan terhadap Suku Lio yang mempercayai Danau Kelimutu sebagai tempat bersemayam arwah nenek moyang leluhur. Tak harus membeli, beberapa warga sekitar ada yang menyewakan.

5. Sayangi kebersihan

Jadilah wisatawan yang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan demi menjaga kelestarian lokasi wisata. Ingatkan teman atau wisatawan lain yang buang sampah sembarangan.