Teknoflas.com – Banyak pemilik kendaraan roda empat yang mengeluh kaca mobil kesayangan buram, apalagi saat musim hujan tiba. Mereka bingung mencari solusi yang tepat karena merasa sudah merawat mobil dengan benar.

Sebenarnya, ada sejumlah penyebab kaca mobil menjadi buram, salah satunya yaitu jamur yang menempel di atas permukaan kaca. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Trans Oto Internasional, Andre Ciu.

tips bersihkan kaca mobil buram
tips bersihkan kaca mobil buram

“Air itu mengandung mineral tinggi, namun berdampak pada penumpukan endapan di kaca,” ucapnya.

Endapan-endapan yang menempel akan mendorong pertumbuhan jamur di atas permukaan kaca. Jamur mudah tumbuh karena Indonesia memiliki tingkat kelembaban udara tinggi, apalagi saat musim hujan tiba.

Jamur yang tumbuh dan menempel akan membuat kaca menjadi buram. Selain merusak keindahan mobil, pandangan pengemudi dan penumpang ikut terganggu, apalagi ketika berkendara saat cuaca hujan turun. Lalu, adakah solusi terbaik mengatasinya?

1. Sebelum mencuci kaca mobil, sebaiknya memarkirkan kendaraan di tempat teduh yang tak ditembus sinar terik matahari. Bersihkan kaca bagian depan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan hingga ke bagian belakang.

2. Sebelum membersihkan permukaan kaca dengan wiper atau sapuan penyapu kaca, pastikan tak ada flex atau kotor. Bersihkan kaca mobil dengan cairan khusus dan keringkan dengan lap kering secepat mungkin agar sisa air tak berubah menjadi jamur.

3. Langkah selanjutnya yaitu membersihkan kaca dengan larutan air yang dicampur cairan pembersih jamur. Sebelum memakai cairan pembersih jamur, baca terlebih dahulu informasi dan petunjuk penggunaan karena belum pasti cocok dengan kaca yang terpasang di mobil. Setelah selesai mencuci, keringkan kaca dengan kain microfiber yang bersih. Pastikan kain lap bebas dari material yang membuat baret di permukaan kaca.

4. Jika hasilnya kurang maksimal, coba ulangi semua proses di atas dari awal. Apabila kaca mobil sudah terbebas dari jamur dan tak lagi buram, lakukan pencegahan dini untuk menghindari munculnya jamur atau noda.

Apabila mobil terkena air hujan, langsung siram atau cuci secepat mungkin. Jika tak sempat, gunakan saja kain lap kanebo basah untuk membersihkan kaca. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu tidak memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung.