Teknoflas.com – Saat ini menyimpan data-data penting di hard disk atau flash disk tak lagi menjadi pilihan utama. Seiring kemajuan teknologi perangkat mobile dan desktop, semakin banyak orang yang memakai layanan cloud storage.

Salah satu layanan paling populer adalah Dropbox. Pengguna bisa memakainya secara gratis dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 2GB. Untuk menambah kapasitas penyimpanan, pengguna harus berlangganan dengan membayar sejumlah uang.

Trik Nambah Kapasitas Dropbox
Trik Nambah Kapasitas Dropbox

Jika tak punya dana untuk membayar langganan, coba enam trik berikut yang terbukti ampuh menambahkan kapasitas penyimpanan Dropbox.

1. Ajak teman

Untuk memperoleh kapasitas penyimpanan ekstra, ajak teman sebanyak mungkin mendaftar di Dropbox. Setiap teman yang mendaftar, maka pengundang mendapat tambahan penyimpanan sebesar 500MB. Sayangnya trik ini tak akan berlaku lagi jika kapasitas penyimpanan sudah menyentuh 16GB.

2. Hubungkan ke Twitter & Facebook

Apabila kapasitas 16GB masih kurang, coba hubungkan akun Dropbox ke Twitter dan Facebook. Nantinya bakal memperoleh tambahan penyimpanan, masing-masing sebenar 124MB.

3. Setel akun mailbox

Meskipun sepele, ternyata menyetel akun mailbox bisa memberi tambahan penyimpanan sebesar 1GB. Oleh karena itu, jangan lupa menyetel akun mailbox setelah mendaftar di Dropbox.

4. Ikuti panduan ‘Get Started’

Jika kapasitas masih kurang lapang, coba ikuti panduan ‘Getting Started’ alias ‘dasar penggunaan awal’ hingga selesai. Nantinya pihak Dropbox akan memberi tambahan ruang penyimpanan ekstra sebesar 250MB.

5. Aktifkan ‘Camera Upload’

Ingin memperoleh ruang penyimpanan ekstra 3GB secara gratis? Aktifkan saja fitur Camera Upload. Nantinya pihak Dropbox akan memberi penyimpanan ekstra yang mana foto-foto di smartphone atau tablet akan terupload otomatis ke layanan cloud. Bagi yang hobi fotografi dan selfie, fitur ini wajib diperhitungkan.

6. Beli handset

Beberapa handset tertentu buatan raksasa Korea, Samsung, memberi tambahan penyimpanan data sebesar 50GB secara gratis di Dropbox. Sayangnya layanan ini hanya berlaku untuk dua tahun saja.