Teknoflas.com – Mobil yang dipakai selama seminggu penuh tentu bermandikan debu dan kotoran ketika melintasi jalanan sehingga tidak sedap dipandang. Bagi pemilik yang super sibuk dan malas, membawa kendaraan kesayangan ke layanan cuci mobil adalah solusi terbaik meski harus mengeluarkan uang.

Jika tempat langganan cuci mobil lagi penuh antrian dan anda punya banyak waktu luang, tak ada salahnya mencuci mobil kesayangan di rumah. Meskipun kegiatan ini cukup menguras tenaga, namun ada rasa kepuasan yang tak ternilai harganya usai melihat hasil akhir super kinclong.

tips cuci mobil di rumah [doc/inthenation.com]
tips cuci mobil di rumah [doc/inthenation.com]
Mencuci mobil bukan pekerjaan sederhana, ada beberapa tindakan yang harus dilakukan sebelumnya agar lapisan cat tidak rusak. Berikut tiga tips sederhana yang patut dicoba.

1. Singkirkan debu

Sebelum menyiramkan air ke mobil, sebaiknya debu-debu dan kotoran perlu disingkirkan terlebih dahulu. Agar partikel debu tak menumpuk dan menggores cat, jangan bersihkan permukaan mobil dengan lap kering. Lebih disarankan memakai kemoceng yang efektif mengusir partikel debu tanpa menggumpal.

2. Cuci di tempat teduh

Sebelum mencuci mobil, sebaiknya mencari tempat teduh yang tidak terjangkau paparan sinar matahari langsung. Selain membuat anda tidak kepanasan, titik-titik air yang menempel di permukaan mobil tidak akan merusak cat. Tak hanya itu saja, paparan sinar matahari langsung justru membuat air dan shampo di permukaan mobil lebih cepat mengering sebelum dibilas. Pada akhirnya mobil jadi penuh bercak-bercak yang sulit dihilangkan begitu saja.

3. Gunakan shampo khusus mobil

Disarankan memakai shampo yang diformulasi khusus untuk mobil. Shampo tersebut mengandung pH balance yang sanggup mengangkat minyak sisa pembakaran kendaraan lain beserta kotoran debu yang menempel saat melintasi jalanan.

Apabila kehabisan shampo mobil, maka solusi alternatif yaitu memakai shampo rambut. Dilansir Teknoflas.com dari laman Liputan6, shampo rambut tak mengandung deterjen dan efektif angkat kotoran layaknya shampo mobil. Yang terpenting ialah shampo ini tak meninggalkan bercak-bercak setelah dibilas.