Teknoflas.com – Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang ingin dihindari semua orang. Pencegahan sedini mungkin justru lebih baik daripada mengobati, sayang tak semua orang mengetahui cara yang tepat untuk meredamnya.

Seorang dokter bernama Dwight McKee telah menemukan sebuah metode sederhana agar terhindar dari kanker seperti dilansir Teknoflas.com dari laman Prevention.

cara hindari kanker
Cara Hindari Kanker

1. Atasi stres

Inflamasi dan fungsi imun tubuh terganggu disebabkan oleh stres kronis yang termasuk salah satu pemicu tumbuhnya sel kanker. Cara mengatasi stres tidak begitu sulit, cukup dengan mengikuti kegiatan menyenangkan seperti meditasi, hiking atau yoga.

“Intinya yaitu mencari dan mengikuti kegiatan menyenangkan untuk mengusir stres,” beber McKee.

2. Waspadai jamur

Kamar mandi atau ruang gudang yang lembab dan bau apek merupakan tempat ideal tumbuhnya jamur, begitu pula dengan pipa rusak di dalam rumah. Segera periksa kondisi tersebut dan segera perbaiki. Menurut McKee, jamur mengandung dua zat paling karsinogenik, yakni mycotoxin dan aflatoxin yang memicu tumbuhnya sel kanker.

3. Rutin olahraga

Agar sistem imun lebih sigap melawan sel-sel kanker, McKee menganjurkan untuk rutin berolahraga. Pernyataan tersebut turut diperkuat hasil penelitian University of Nebraska yang menyebutkan adanya perubahan kekuatan sistem imun setelah 12 minggu rutin olahraga. Jadi masih enggan berolahraga…?

4. Menawarkan bantuan

Sistem imun tak hanya ditingkatkan via olahraga ataupun makan sehat, membantu orang lain turut memberi efek luar biasa. Jadi jangan ragu terlibat dalam organisasi yang memungkinkan anda bekerja sebagai relawan, mentor atau donor darah.

“Terlibat dalam kegiatan yang membantu orang lain sangatlah baik untuk kesehatan,” ungkap McKee.

5. Asupan suplemen tambahan

Tubuh memerlukan beragam jenis vitamin, salah satunya vitamin D yang bantu mengurangi resiko kanker. Untuk mendapat vitamin tersebut, luangkan waktu sekitar 10 menit menikmati sinar matahari pagi jelang siang yang memberi sekitar 10 ribu IU vitamin D. Selain itu, bisa juga konsumsi lemak ikan yang juga kaya vitamin D. Tubuh dianjurkan memperoleh 1000-2000 IU per hari agar aman dari serangan kanker.