Fruits and Vegetables --- Image by © Fukuhara, Inc./CORBIS
Fruits and Vegetables — Image by © Fukuhara, Inc./CORBIS

Teknoflas.com – Anda mungkin sangat percaya bahwa sayuran merupakan teman baik bahkan sahabat bagi anda yang menjalani program diet. Namun, tahukah anda bahwa terdapat studi yang mampu membuat orang yang memakannya menjadi kelebihan berat badan?

Dilansir dari Independent, menurut peneliti kentang muncul sebagai sayuran pertama yang menjadi kambing hitam kegemukan dalam diet five-a-day, yang merupakan pola makan lima porsi sayuran dalam sehari. Tingginya kandungan kanji dan rendahnya kandungan air pada kentang ini yang dapat menjadi alasan mengapa para pelaku diet malah kegemukan. Para peneliti dari Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa beberapa buah-buahan dan sayuran memberikan pengaruh yang berbeda pada penambahan berat badan. 

Blueberry dianggap paling tidak banyak menimbulkan berat badan, sedangkan kentang tidak demikian.

Hal itu memungkinkan karena blueberry dapat menggantikan lemak atau karena blueberry memiliki kandungan campuran polyfenol di mana mampu mengubah metabolisme tubuh.


Walaupun demikian, para peserta studi menganggap kentanglah berkaitan dengan penambahan berat badan. Para peneliti pun menyarankan untuk menukar beras gandum menjadi roti.

Dari semua sayuran yang ada, ternyata kembang kol mampu membantu mengurangi obesitas. Brussels sprouts (sejenis kubis berukuran kecil), dan brokoli juga cukup mujarab dalam membantu menurunkan berat badan. Sedangkan buah-buahan yang bisa menekan kenaikan berat badan antara lain plum, apel, pir, dan strawberry.

Menurut International Journal of Obesity, pada 2034, 70 persen penduduk dewasa di Inggris diperkirakan akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Sedangkan dari the Journal of American Medicine menyebutkan bahwa di Amerika Serikat lebih dari sepertiga atau sekitar 34 persen penduduk berusia dewasa menderita obesitas.