Tips-Agar-Bayi-Kuat-Minum-Susu-Formula

Teknoflas.com – Kita semua tahu bahwa air susu ibu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan bayi. Gizi yang kaya dikandung oleh ASI oleh banyak para ahli dinyatakan dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Namun, ternyata sebuah penelitian terbaru melawan teori tersebut.

Jika dibandingkan dengan menyusui lewat botol, menyusui dengan ASI tidak memiliki manfaat lebih untuk kecerdasan berdasarkan penelitian terbaru. Para ilmuwan dari Universitas Goldsmith , London berpendapat bahwa tidak ada hubungan substansial antara menyusui dengan kecerdasan di awal kehidupan.

Para peneliti meneliti dan memantau secara bersamaan anak-anak yang disusui dengan ASI dan kelompok bayi yang disusui dengan botol. Rentan waktu digunakan adalah dari bayi berusia 18 bulan sampai usia 16 tahun, kemudian menilai IQ mereka secara keseluruhan. Selain itu, usia ibu dan status sosial juga diperhitungkan dalam penelitian.

Hasilnya, kedua kelompok anak memiliki rata-rata IQ 100. Anak perempuan melakukan tes awal yang cukup baik, dengan rata-rata nilai IQ lima poin lebih tinggi. Kemudian, para ahli juga menyimpulkan bahwa faktor jangka panjang seperti latar belakang keluarga memiliki dampak yang jauh lebih besar pada tingkat kecerdasan anak-anak.

Studi ini mengambil sampel sebanyak 11.582 anak yang lahir antara tahun 1994 dan 1996, kemudian menguji kecerdasan mereka antara usia dua sampai 16 tahun. Pengujian tersebut dilakukan sebanyak sembilan kali. Pendidikan dan pekerjaan orang tua dari anak-anak tersebut dicatat pada awal dan akhir periode penelitian.

Studi tersebut juga menyimpulkan bahwa hanya ada sedikit manfaat, bahkan mungkin tidak ada, dari menyusui untuk perkembangan kognitif di awal kehidupan hingga remaja. Walaupun demikian, menyusui memiliki manfaat lain yakni untuk pengembangan sistem autoimun anak.