172695_rinjani-lombok_663_382

Teknoflas.com – Gunung Rinjani merupaka salah satu gunung berapi aktif, bahkan tertinggi ke dua di Indonesia. Selain itu, Gunung Rinjani adalah gunung yang disakralkan sebagai tempat suci Hindu Bali dan Lombok. Gunung ini terdapat Taman Nasional Gunung Rinjani dengan savananya yang eksostis di mana sebagian pecinta alam ataupun pendaki gunung menyebutnya gunung pantai.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 m dpl. Berlokasi diprovinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya berada di tiga kabupaten, yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Terdapat dua jalur trek populer untuk mendaki gunung ini yang sering digunakan, yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun. Namun, umumnya para pendaki lebih menyukai rute Sembalun dan mengakhirinya di pendakian Senaru. Jalur ini cenderung datar, selain itu anda dapat melihat pemandangan Padang Savana.

Suhu udara di padang savana cenderung dingin. Namun, lokasi yang terbuka membuat sinar matahari dapat langsung menyengat kulit. Sangat disarankan untuk menggunakan sunblock sebelum melewati jalur ini.

Jika anda memilih lewat pendakian Sembalun, Anda dapat dengan mudah menemukan ribuan sapi liar di padang savana. Seringnya mereka akan muncul dari hutan jika dipanggil dengan satu teriakan. Rute Sembalun dapat dikatakan cukup panjang dan datar, terlebih cuaca panas karena melalui padang savana yang terik

Selain padang savana yang memesona, juga terdapat Danau Segara Anak di mana danau tersebut dikelilingi hutan tropis dengan panorama yang sangat mengagumkan. Di dalam hutan tersebut, anda dapat menemukan flora khas Asia dan Australia.