efek-buruk-gadget

Teknoflas.com – Zaman sekarang merupakan zaman teknologi, hampir semua orang dapat menikmati teknlogi yang semakin lama semakin maju. Dari ponsel sentuh, hingga komputer sentuh. Seiring berjalannya waktu, penikmat teknologi tidak dapat dibedakan berdasarkan usia. Bahkan kini, balita pun lebih memilih bermain gadget daripada bermain dengan teman-temannya.

Seorang psikolog, Dra A Kasandra Putranto mengatakan bahwa perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan negatif dalam setiap aspek kehidupan manusia. Salah satu dampak positifnya, yaitu gadget dapat mempermudah komunikasi, adanya perkembangan dalam kehidupan sosial, dan cepatnya akses informasi. Namun, ada juga dampak negatifnya, yaitu dapat mengurangi interaksi sosial secara langsung dengan orang-orang di sekitar kita.

Hal tersebut dapat dicontohkan seperti ketika ada seseorang yang tengah sakit tidak langsung dijenguk, malah hanya memberikan ucapan ‘cepat sembuh’ di media sosial atau melalui pesan singkat. Kebiasaan bersilaturahim pun cenderung menurun karena merasa lebih sering berinteraksi di media sosial daripada di kehidupan nyata.

Menurut Kasandra, dengan memberikan senyuman atau sentuhan dapat meningkatkan semangat dan mempercepat kesembuhan orang yang sakit. Contoh lainnya adalah ketika bepergian bersama atau bertemu dengan teman. Usahakan pada saat itu jangan terlalu sibuk dengan gadget masing-masing, tidak ada salahnya silaturahim langsung untuk mempererat kedekatan.

Kasandra juga menambahkan bahwa interaksi sosial secara langsung dapat meningkatkan kepekaan seseorang dan juga kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Untuk itu, alangkah baiknya jika anda mulai mengurangi penggunaan gadget baik ketika berinteraksi dengan keluarga ataupun dengan teman-teman lainnya.