Teknoflas.com – Sayuran mengandung beragam senyawa hebat yang ampuh menghilangkan noda di permukaan kulit, salah satunya bekas luka jerawat. Berikut lima manfaat hebat sayuran yang harus anda ketahui.

Manfaat Hebat Sayuran Untuk Bekas Jerawat
Manfaat Hebat Sayuran Untuk Bekas Jerawat

1. Kurangi peradangan

Bekas luka jerawat susah hilang karena perubahan hormon dan peradangan. Oleh karena itu disarankan mengkonsumsi sayuran hijau, butternut squash, biji bunga matahari dan wortel. Semua sayuran tersebut rendah kalori dan tak menyebabkan kegemukan. Bila rajin dikonsumsi, noda kulit dan bekas jerawat berkurang.

2. Memperbaiki kulit

Bekas luka membuat lapisan permukaan kulit terbuka, ternyata sayuran memiliki senyawa untuk memperbaikinya. Sayuran kaya vitamin, nutrisi penting yang meningkatkan produksi kolagen dan elastin untuk menyembuhkan luka serta menyeimbangkan minyak di lapisan kulit.

3. Kurangi pori-pori terbuka

Pertumbuhan bakteri, tumpukan kotoran dan produksi minyak berlebih membuat pori-pori terbuka lebar. Mengkonsumsi sayuran bantu mengurangi pori-pori kulit yang membesar. Wortel kaya beta-karoten dan vitamin A yang membuka pori-pori tersumbat dan membersihkan jerawat. Memakai masker dari mentimun berkhasiat kurangi jerawat, minyak dan kulit wajah lebih kencang.

4. Kaya antioksidan

Sayuran kaya antioksidan yang efektif mencegah penyakit kulit dan membersihkannya. Antioksidan bantu lawan radikal bebas akibat paparan sinar matahari dan pola makan buruk. Berdasar penelitian, radikal bebas merupakan penyebab utama kerusakan lapisan kulit yang membuat bekas jerawat lebih terlihat. Mengkonsumsi sayuran kaya antioksidan mengurangi bekas luka jerawat dan mencegah penuaan dini.

5. Pencerah kulit

Mencerahkan kulit tidak begitu sulit, cukup konsumsi sayuran biji labu yang kaya mineral dan seng untuk pembentukan sel-sel kulit baru. Bayam termasuk salah satu jenis sayuran pencerah kulit dengan manfaat ganda yakni menghilangkan racun. Agar luka bekas jerawat lebih cepat hilang, perbanyak konsumsi sayuran.