Teknoflas.com – Sudahkah anda menginstal Google Photos ke smartphone dan tablet kesayangan? Aplikasi tersebut tak hanya memudahan pengguna untuk mengatur dan menyimpan foto antar lintas perangkat, namun ada sebuah fitur keren yang memungkinkan sang pengguna membuat video animasi sederhana dari kumpulan foto-foto pribadi. Cara buatnya sangat simpel dan selesai kurang dari lima menit!

Bikin Aplikasi Dengan Google Photos
Bikin Aplikasi Dengan Google Photos

Jika belum menginstal Google Photos, maka segera unduh dari Play Store. Setelah itu buka aplikasi dan upload koleksi foto yang ingin dibuat menjadi animasi. Saat berada di dalam aplikasi, tepatnya tampilan awal, coba arahkan pandangan ke + (tanda plus) yang terletak di bagian pojok kanan layar atas.

Selanjutnya mengetuk tanda + yang nantinya bakal menampilkan beragam opsi untuk pembuatan konten dari kolesi foto yang diunggah. Lalu, ketuk opsi ‘Animation’ untuk mulai membuat animasi sederhana.

Nantinya pengguna bakal dibawa menuju daftar foto, lalu memilih foto-foto mana saja yang diikutsertakan dalam animasi sederhana. Sayangnya, foto yang boleh disertakan jumlahnya terbatas, pengguna hanya boleh memilih maksimal 50 foto untuk membuat sebuah animasi pendek.

Setelah selesai memilih foto, langkah selanjutnya yaitu mengetuk ‘Create’ yang terpampang di pojok kanan layar atas. Nantinya Google Photos akan menggabungkan semua foto terpilih secara otomatis menjadi sebuah animasi dengan ekstensi GIF.

Selanjutnya animasi GIF dapat dibagikan dengan mudah ke situs jejaring sosial. File animasi nantinya tersimpan secara otomatis di Google Photos dengan pemberian tanda tiga bintang tepat di bagian kanan atas.

Harap diingat, demi menghasilkan sebuah animasi berkualitas jempolan, pilih foto dengan lokasi dan sudut yang sama. Silahkan berkreasi menggunakan Google Photos, walaupun animasi tergolong ‘sederhana’ namun bernilai tinggi jika kreatif memakainya.