Teknoflas.com – Sebagai salah satu minuman favorit masyarakat dunia, kopi begitu populer di Indonesia. Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar dunia yang menghasilkan beragam jenis varian dan digandrungi penikmat minuman hitam manis ini.

Mengkonsumsi kopi sangat baik bagi kesehatan karena mengandung senyawa penting bagi tubuh. Akan tetapi, minum terlalu banyak sangat tidak disarankan sebab memberi dampak negatif dan kecanduan kafein.

Mengatasi Kecanduan Kopi
Mengatasi Kecanduan Kopi

Kecanduan kafein yang berasal dari kopi akan mengurangi waktu istirahat karena peningkatan hormon adrenalin secara berlebihan. Bagi yang belum kecanduan kafein, disarankan untuk mengurangi asupan kopi menjadi segelas per hari.

Memang bukan hal mudah mengusir kecanduan kopi, setidaknya ikuti empat langkah gampang berikut ini.

1. Rutin olahraga

Kecanduan kopi bisa dilawan dengan selalu aktif mengikuti beragam kegiatan positif, salah satunya adalah olahraga. Ada beragam kegiatan olahraga yang membuat pikiran teralihkan dari keinginan minum kopi, entah itu sepakbola, basket, lari, bersepeda dan renang.

2. Alternatif sehat

Kecanduan kopi bisa dilawan dengan mencari minuman alternatif yang menyehatkan. Pertimbangkan minum teh atau jus buah sebagai alternatif minuman untuk mengurangi konsumsi kopi secara bertahap. Disarankan pula minum banyak air putih untuk mengeluarkan endapan racun yang berasal dari kafein.

3. Kurangi secara bertahap

Selama mengikuti dua cara di atas, menghilangkan kebiasaan untuk tidak minum kopi memang sulit. Namun bukan berarti tidak boleh minum secangkir pun. Boleh saja menikmati segelas kopi, tetapi asupan dikurangi. Kalau bisa, minum kopi secangkir per hari yang memang lebih direkomendasikan oleh pakar kesehatan.

4. Kenali efek buruk kafein

Cara paling efektif melawan kecanduan kopi yaitu mengenali efek buruk kafein bagi tubuh. Seperti diketahui, salah satu dampak negatif dari kafein adalah mendorong hormon adrenalin terus bekerja keras tanpa letih. Akibatnya, peminum kopi sulit sekali memejamkan mata di malam hari. Selain itu, masih banyak lagi dampak buruk kafein bagi kesehatan sehingga wajib dikurangi asupan hariannya.

Silahkan coba jalani empat langkah di atas untuk melawan kecanduan kopi dan kafein yang berimbas buruk bagi kesehatan.