Teknoflas.com – Sekarang ini semakin banyak hotel yang bisa dipesan secara online, namun semakin banyak pula traveler yang tertipu. Tampilan hotel di internet ternyata tak sama seperti dunia nyata, sungguh mengecewakan. Agar tak tertipu dengan iklan hotel abal-abal, simak lima tips memilih hotel secara online agar liburan tak ‘rusak’.

Tips pilih hotel via online
Tips pilih hotel via online

1. Jangan gampang percaya

Demi menggaet pengunjung, sejumlah hotel menuliskan kata-kata promosi ‘jebakan’. Beragam fasilitas penggoda dituliskan untuk mempengaruhi pembaca, padahal fasilitas tersebut belum tak seperti yang dibayangkan. Contoh, tertulis fasilitas WiFi super kencang, ternyata jaringan bahkan tak sampai ke kamar. Jangan langsung percaya meskipun tertulis beragam fasilitas dan menampilkan beragam foto-foto menarik.

2. Baca ulasan

Sekarang ini semakin banyak situs pihak ketiga yang menawarkan jasa reservasi hotel. Nah keunggulan situs tersebut yaitu ketersediaan kolom review atau ulasan dari pengunjung yang pernah menginap di salah satu hotel. Setidaknya luangkan waktu untuk membaca kesan-kesan para tamu yang pernah menginap.

3. Perbandingan foto

Hebatnya situs pihak ketiga jasa reservasi hotel yaitu memungkinkan pengunjung untuk melihat foto-foto hotel yang diunggah oleh sang pemilik. Namun jangan cepat tertipu dengan foto yang tertera, coba lakukan perbandingan dengan foto-foto hasil unggahan orang lain di internet. Apabila berbeda 360 derajat, berarti hotel tersebut bermaksud menipu.

4. Cek Google Maps

Jangan lupa mengecek lokasi hotel berada dengan menggunakan Google Maps. Hotel dengan reputasi bagus letaknya tak jauh dari pusat keramaian, jika berada di lokasi terpencil biasanya punya akses yang mudah. Jangan pilih hotel yang lokasi dekat area rawan kriminal atau kawasan remang-remang.

5. Menelpon sebelumnya

Jelang seminggu atau dua minggu hari H untuk menginap, coba telpon ke pihak hotel bersangkutan. Meskipun sepele, namun pengaruhnya luar biasa. Hotel profesional tentu selalu siaga menerima panggilan telepon dalam 24 jam. Lakukan pembicaraan mengenai kedatangan menginap dan sebagainya sebagai langkah terakhir untuk evaluasi.