Teknoflas.com – Beberapa jam usai merilis iOS 9, Apple langsung meluncurkan aplikasi pertamanya di Play Store milik Google. Untuk sebagian orang, aplikasi itu tergolong kontroversial karena sengaja ditujukan bagi pengguna smartphone android yang ingin hijrah memakai iPhone.

Android ke iOS 1
Migrasi Data dari Android ke iOS

Aplikasi ‘Move to iOS’ berfungsi untuk memindahkan semua data tersimpan di perangkat android ke produk andalan Apple seperti iPod Touch, iPad dan iPhone. Adapun data yang dipindahkan mulai dari photo, pesan, akun email, bookmarks, kalendar hingga daftar kontak.

Move to iOS hanya bisa terpasang untuk perangkat Android seri 4.0 ke atas. Dengan menginstal aplikasi pintar ini, pengguna tak perlu lagi melakukan backup yang melelahkan dan proses pemindahan data pun tak memakai cloud. Nantinya Apple secara otomatis mensinkron semua data via jaringan WiFi private yang melibatkan dua perangkat.

Android ke iOS 2
Masukkan kode

Ketika pengaturan awal perangkat iOS baru, nantinya pengguna bisa menentukan pilihan ‘Move Data from Android’ yang terletak pada ‘Apps & Data’. Seperti diketahui, dahulu bagian kategori ini tidak menyediakan perpindahan data dari android, melainkan hanya ‘Setup as a New Device’, ‘Restore from iTunes Backup’ dan ‘iCloud Backup’.

Usai menentukan pilihan ‘Move Data form Android’ ke perangkat iPhone, langkah selanjutnya yaitu membuka aplikasi ‘Move to iOS’ yang terpasang di perangkat Android. Nanti tinggal menunggu 10 kode yang ditampilkan pada layar iPhone. Untuk mengotentikasi perpindahan data antar dua perangkat, pengguna hanya cukup menulis kode ke perangkat Android.

Android ke iOS 3
Proses migrasi data selesai

Nantinya via layar transfer, pengguna bisa memilih sendiri konten yang ingin dipindahkan. Usai semua proses migrasi data selesai, coba cek sekali lagi untuk memastikan semuanya berhasil dipindahkan. Tidak sulit, kan…?