TeknoFlas.com – Berbagai handset kelas atas sudah meluncur ke pasar. Dari Samsung meluncurkan Galaxy S4, Sony dengan Xperia ZL. Begitu juga dengan HTC meluncurkan HTC One dan tak terlewatkan untuk iPhone 5 yang menjadi ponsel terbaik saat ini. Kali ini Teknoflas mencoba membandingkan performa untuk kamera.

Baca Juga : Compare Hasil Foto, Xperia Z, Galaxy S4 dan HTC one

iphone-5-vs-galaxy-s-iii-vs-iphone-4s Dikutip TeknoFlas dari detikinet (26/04/2013), Gizmodo melakukan pengetesan pada 4 kondisi pemotretan yang berbeda.

1. Close-up pada siang hari

Pengetesan pertama dilakukan pada siang hari dengan obyek bunga untuk mencari tahu keseimbangan warna kamera dan bagaimana kamera memunculkan detail.

Di sini diketahui bahwa Xperia ZL, iPhone 5 dan S4 melakukan tugasnya dengan baik. Namun iPhone 5-lah pemenangnya. Ia mengalahkan S4 untuk hal detail dan mengalahkan Xperia ZL untuk urusan warna.

Sedang foto yang diambil lewat HTC One, memang memiliki warna yang pas, namun sayangnya agak blur dibandingkan hasil foto lainnya.

original-1

2. Low light tanpa flash.

Gizmodo melakukan pengetesan dengan mode otomatis untuk semua kamera saat kondisi pemotretan kedua ini. Xperia ZL dan Galaxy S4 hampir tidak menampilkan obyek yang difoto.

Meski iPhone 5 masih bisa mendapatkan obyek berupa patung kecil tersebut, namun terdapat noise. Lumia 920 dan HTC One di sini lebih unggul.

Gizmodo memilih pemenang untuk kondisi pemotretan ini adalah Lumia 920 yang menampilkan ketajaman dibanding lawan-lawannya.

original-2

3.Low-light dengan flash

Terkadang, kita terpaksa memakai flash dalam kondisi tertentu. Di sini, dicari kamera mana yang saat dipakaikan flash tidak ‘menghapus’ detail.

HTC One pun diakui keunggulannya. S4 dan Lumia 920 memang tidak jelek-jelek amat, namun ia sedikit menghasilkan bayangan di belakang patung. iPhone 5 dan Xperia ZL sepertinya juga harus mengakui keunggulan HTC One dalam sesi ini.

original-3

4. Pemandangan di siang hari

Tim dari Gizmodo meneliti detail dan exposure foto pemandangan yang diambil pada siang hari berikut. Lumia 920 pun dilaporkan berhasil mengalahkan para pesaingnya untuk urusan detail dan rentang dinamis.

Langitnya jelas terekspose, pun dengan detail elemen lainnya. Baik HTC One maupun S4 sebenarnya melakukan performa yang bagus, namun S4 lebih bisa menampilkan detail dengan tajam. Untuk iPhone 5, di hasil fotonya terdapat distorsi dalam sejumlah detail.

Kesimpulan

Gizmodo memuji HTC One dan Nokia Lumia 920 untuk urusan kamera. Namun meski bagus di kondisi gelap, foto yang diambil dengan HTC One terkadang ada bintik-bintik dan Lumia 920 kurang bisa diunggulkan dalam hal keseimbangan warna.

Sedangkan Galaxy S4 memang menampilkan foto yang tajam hampir di semua kondisi. Sayangnya di kondisi low light ia masih kurang memuaskan dan Xperia ZL juga kerap kewalahan dibanding lawan-lawannya. iPhone 5, meski bisa menampilkan foto yang bagus, namun Gizmodo menyarankan Apple untuk lebih meningkatkan kemampuannya. (source)