TeknoFlas.com – Mengecek Kondisi Printer HP dari Jarak Jauh – Mungkin informasi mengenai teknologi printer ini terlalu mengada-ada dan Anda boleh saja tidak percaya. Faktanya, produsen perangkat printer untuk kalangan korporat Hewlett Packard (HP) baru saja memperkenalkan layanan manajemen printer jarak jauh yang diperbarui.

Hmm.. jadi penasaran? Anda harus tahu bahwa HP Remote Management Services bisa melakukan analisis untuk mengecek kondisi perangkat printer dan mengingatkan pengguna apabila ada perbaikan yang perlu dilakukan.

Mengecek Kondisi Printer HP dari Jarak Jauh

“Ini membantu mencegah masalah sebelum berkembang menjadi downtime,” ujar Vice President and General Manager, Managed Services Printing and Personal Systems HP Jesus Varela dalam acara peluncuran di Singapura yang dihadiri wartawan KompasTekno, Oik Yusuf, Jumat (25/1/2013).

Remote Management Services yang merupakan bagian dari HP Managed Print Services (MPS) ini, menurut Varela, akan meningkatkan efisiensi biaya karena kerusakan dan masalah bisa diantisipasi. “Akhirnya, yang akan berhasil dihemat adalah sumber daya terbatas seperti waktu, orang, dan uang.”

Yang juga bisa dilakukan dengan printer HP dari jarak jauh adalah Remote Printing bernama e-print. Teknologi ini memungkinkan pengguna kantoran mencetak dokumen lewat smartphone atau tablet dari berbagai vendor, seperti Apple, Android, dan Blackberry.

Data bisa disimpan di jaringan cloud agar bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

“Soal keamanan dokumen pun, jangan khawatir karena Anda turut menyediakan sejumlah langkah keamanan untuk mencegah data digital meninggalkan printer, termasuk remote wiping dari jarak jauh,” ucap Varela.

Mengutip prediksi dari IDC, dia mengatakan pasar Managed Print Services di Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh menjadi senilai 255,4 juta dollar AS pada 2016 dengan Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) 19,8 persen.

Pasar HP Managed Print Services di Indonesia diperkirakan mengalami pertumbuhan dengan CAGR 17,5 persen pada 2016.

Pada hari yang sama, HP juga memperkenalkan solusi printer mutifungsi baru yang mampu meneruskan hasil scanning ke banyak tujuan dalam sekali jalan, serta printer inkjet all-in-one yang mampu mencetak lebih cepat dan lebih hemat dibandingkan printer laser.

Bagaimana.., apakah sekarang Anda percaya jika printer HP dapat memiliki teknologi yang memungkinkan pengguna melakukan pengecekan “kesehatan” dan mencetak dokumen lewat smartphone atau tablet dari jarak jauh.