sanibel-ice-cream-zebra-treats-glass-orange-juice

Teknoflas.com – Ketika anda merasa ngantuk atau lelah, mungkin yang terbesit dalam pikiran anda adalah segera mengambil secangkir kopi untuk menyegarkan diri. Namun, baru saja terdapat penelitian yang dapat mengganti kopi dengan minuman yang lebih manis. Ternyata, jus jeruk dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi seperti khasiat yang diberikan oleh kopi.

Efek yang diberikan oleh jus jeruk dapat bertahan berjam-jam. Bahkan, orang-orang yang meminum jus jeruk saat sarapan lebih terjaga dari yang lain di sore hari. Para peneliti dari Universitas Reading melakukan penelitian dengan melibatkan 24 laki-laki muda melalui serangkaian tes mental pada dua hari yang berbeda.

Dalam salah satu hari, mereka meminum segelas jus jeruk sebelum sebelum memulai hari. Di hari yang lain, mereka minum air manis yang memiliki aroma mirip dan terasa serperti jus jeruk. Ketika mereka mengonsumsi jus yang sebenarnya, mereka melakukan tes kecepatan dan perhatian dengan lebih baik.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition, mereka merasa sangat waspada setengah jam kemudian. Hal tersebut diperkirakan merupakan efek yang diakibatkan oleh flavonoids, senyawa kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan. Senyawa tersebut terdapat dalam berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, salah satunya adalah jeruk dan buah beri.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa jus jeruk memiliki manfaat pada otak, tapi jika meminumnya rutin selama satu berminggu-minggu.

Dan penelitan terakhir menemukan hanya minum 240 mililiter (satu gelas kecil) jus jeruk memiliki manfaat yang besar. Jus jeruk yang digunakan dalam penelitian adalah jenis jus yang dijual di toko yang diperkaya dengan pulp (daging buah jeruk) ekstra.

Seorang peneliti bernama Daniel Lamport mengungkapkan bahwa kognisi dan kewaspadaan meningkat secara signifikan hingga enam jam setelah minum porsi 240 mililiter jus jeruk. Selain itu, makan dan minum buah yang kaya akan flavonoid dapat menjadi penyegar di pagi hari dan dapat menjaga kewasapadaan dan konsentrasi untuk memulai hari menjadi lebih baik.