Wintershall_Monte_Kali_11

Teknoflas.com – Jerman merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi para wisata yang mampir ke Eropa. Jika anda meletakkan Jerman sebagai salah satu destinasi, coba kunjungi Heringen yang cukup unik di sana. Heringen memiliki sebuah gunung buatan, di mana gunung tersebut seluruhnya terbuat dari garam.

Heringan merupakan kota kecil yang berjarak 170 km dari Frankfurt. Awalnya, Kota Heringen di Jerman memiliki tambang yang beroperasi secara aktif Pada tahun 1976, penambangan di sana berkembang cukup pesat di bawah perusahaan kimia bernama K+S. Pada saat itu, garam merupakan komoditi utama.

Perusahaan K+S memiliki sebuah wilayah untuk pembuangan garam. Perlahan-lahan, tempat pembuangan garam itu menumpuk dan malah menjadi menggunung. Di sana sekitar 188 juta ton garam dan 900 ton material lainnnya menumpuk hingga menjadi gunung.

Orang-orang Jerman kemudian menamai gundukan tersebut dengan nama Monte Kali bahkan Kilimanjaro versi Jerman. Monte Kali memiliki luas 93 hektar dengan puncaknya yang berada di ketinggian 230 meter. Sempat dianggap sebagai bencana, Monte Kali ini berakhir menjadi tempat wisata yang unik. Dari puncak Monte Kali, anda dapat melihat keindahan kota Heringen.

Sedikitnya 10 ribu pendaki datang dan mendaki Monte Kali dalam setiap tahunnya. Mereka cukup penasaran akan bentuk dan lansekapnya yang sangat unik.

Walaupun unik dan populer, Monte Kali sempat dikritik karena dianggap berbahaya untuk lingkungan. Garam di menggunung tersebut membuat tanah di sekitarnya menjadi tandus atau tidak subur, dan juga membuat Sungai Werra menjadi begitu asin bahkan tidak dapat ditinggali oleh makhluk hidup.

Jika anda ingin berkunjung, terlebih dahulu anda harus membeli tiket untuk masuk ke Museum Werra Potash yang berada di Heringen. Kemudian, anda akan diizinkan untuk mendaki Monte Kali.