Teknoflas.com – Android merupakan sistem operasi mobile terbaik dengan segudang fitur keren. Sayangnya tak semua fitur dimanfaatkan secara optimal untuk mendongkrak kemampuan perangkat ataupun membantu pekerjaan sehari-hari.

Berikut ini tujuh fitur keren yang wajib dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Fitur rahasia Android Marshmallow
Fitur rahasia Android Marshmallow

1. Kunci ponsel dari jarak jauh

Demi menghindari kecurian data saat ponsel diambil orang lain, sebaiknya mengaktifkan fitur pengunci ponsel dari jarak jauh. Untuk mengaktifkan, buka Settings > Security > Android Device Manager lalu aktifkan ‘Remotely Locate This Device’ dan ‘Allow Remote Lock and factory Reset’. Jangan lupa mengaktifkan akses lokasi agar fitur dapat berjalan. Nantinya lokasi perangkat bisa diakses via android.com/devicemanager.

2. Pengoptimal baterai

Banyak cara memperpanjang daya baterai tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Selain mengurangi kecerahan layar, ‘mode battery saver’ harus diaktifkan. Coba buka Settings > Battery lalu tekan ‘Menu’ dan pilih ‘Battery Saver’.

3. Penghemat data

Google Chrome menjadi browser standar alias bawaan di perangkat Android. Agar browsing lebih hemat penggunaan data, aktifkan saja Data Save. Buka Chrome > Settings > Data Saver lalu geser tombol ke kanan untuk segera mengaktifkan.

4. WiFi On

WiFi bisa terus aktif meski ponsel dalam mode sleep. Pengguna dapat mengunduh walaupun layar ponsel mati. Fitur ini menghemat penggunaan baterai karena tak perlu menyambung ulang koneksi WiFi. Untuk mengaktifkan, akses Setting > WiFi > Advanced > Keep Wi-Fi on during sleep.

5. OK Google

Pencarian dengan OK Google semakin menarik karena dibekali fitur pengenal bahasa. Kini pengguna cukup mengucapkan Bahasa Indonesia untuk browsing. Oleh karena itu, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu lewat Settings > Search and Now > Voice > OK Google Detection > From the Google App, cukup geser tombol untuk mengaktifkan.

6. Mirror ke PC

Sekarang main games dan nonton film dari layar ponsel ke layar komputer jadi semakin lebih mudah. Instal saja aplikasi mirroring seperti All Cast, Teamviewer, AirDroid dan Splashtop yang semuanya bisa di unduh langsung dari Google Play Store.

7. Pushbullet

Lagi fokus bekerja di depan komputer hingga tak sempat melihat notifikasi di ponsel..? Instal saja ekstensi Pushbullet di browser Google Chrome. Nantinya notifikasi di smartphone akan di ‘push’ ke layar komputer secara otomatis.