Teknoflas.com – Mendongkrak kemampuan daya ingat sejak dini sangat penting demi mencegah penyakit pikun di usia muda. Ternyata tidak sulit melakukannya, coba saja tujuh metode mujarab berikut ini seperti disampaikan Dr Roshini Raj dari laman Health.

Metode Peningkat Daya Ingat
Metode Peningkat Daya Ingat

1. Lemak sehat

Tubuh perlu asupan lemak sehat, sangat baik untuk jantung dan otak, yang berpengaruh sekali meningkatkan kualitas daya ingat. Cara paling baik mendapat lemak sehat yaitu mengkonsumsi kacang-kacangan dengan porsi secukupnya. Selain itu, disarankan pula mencoba minyak zaitun.

2. Salmon

Ikan laut kaya DHA, senyawa omega 3, yang terbukti mendongkrak fungsi kognitif serta daya ingat.

3. Sayuran hijau

Rugi banget kalau enggak makan sayuran berdaun hijau yang ternyata bantu mendongkrak daya ingat. Berdasar penelitian, sayuran hijau kaya vitamin K, folat, beta karoten dan lutein. Wanita yang makan dua cangkir sayuran hijau punya otak 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tak makan sama sekali.

4. Dengar musik

Percaya atau tidak, mendengar musik bantu meningkatkan daya ingat apalagi aliran klasik. Oleh karena itu, luangkan satu atau dua jam mendengarkan alunan musik klasik favorit.

5. Meditasi

Berdasar tes MRI pada pelaku meditasi, ternyata kegiatan ini berdampak positif di otak pusat memori. Cara meditasi yang benar yaitu 7 detik bernapas normal, 7 detik menahan nahas dan 7 detik melepas napas.

6. Tertawa

Bersantai dan melepas tawa bantu memperoleh ingatan yang jauh lebih baik. Luangkan waktu membaca buku, komik atau nonton video yang mengundang tawa.

7. Latihan mengingat

Demi menjaga dan meningkatkan daya ingat, lakukan latihan untuk mengingat sesuatu seperti nama orang, kata atau kalimat. Hal ini tentu tidak sulit, bisa dilakukan dengan mengikuti games alias permainan yang mengasah otak seperti teka-teki silang.

Itulah tujuh metode mujarab mendongkrak daya ingat agar tak kena penyakit pikun di usia muda.