nnjk_exterior1rightsmarkohuttunen

Teknoflas.com – Mungkin anda sering mendapati masjid-masjid yang bersebelahan dengan pusat perbelanjaan seperti mal. Hal tersebut sangatlah biasa. Bahkan, banyak mal yang sudah memiliki masjid sendiri untuk para pengunjung muslim beribadah. Jika di Indonesia masjid berdekatan dengan mal sudah biasa, maka di Helsinki, Finlandia, terdapat sebuah kapel atau gereja kecil yang bersebelahan dengan mal.

Finlandia memiliki kapel dengan desain yang cukup unik di mana lokasinya bersebelahan dengan mal. Di antara keramaian sekitar, kapel ini dirasa sebagai sumber ketenangan bagi para pencari kedamaian.

Kapel Kamppi berlokasi di alun-alun Narinkatori, Helsinki, Finlandia. Lebih tepatnya berada di dekat pintu masuk pusat perbelanjaan Kamppi. Meskipun terletak di salah satu kawasan yang paling ramai dan sibuk di Helsinki, para pengunjung tetap dapat menikmati ketenangan di sana.

Kapel Kamppi dirancang kedap suara dari luar. Sehingga, berbagai suara ramai atau berisik tidak akan terdengar di dalam kapel mengingat di sekitarnya adalah wilayah yang ramai. Bahkan, karena nyaman dan ketenangan yang dimilikinya, kapel ini disebut Chapel of Silence.

Perancang Kapel Kamppi adalah para arsitek yakni Kimmo Lintula, Niko Sirola, dan Mikko Summanen. Mirip seperti telur dengan memiliki aula utama yang cukup luas dan tingginya mencapai 11,5 meter. Bahannya yang sebagain besar dari kayu membuat kehangatan di dalam tetap terjaga.

Berbeda dengan gereja-gereja pada umumnya, Kapel Kamppi tidak dapat dipakai untuk upacara pernikahan atau pembaptisan. Gereja ini buka setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.00-20.00. Namun di akhir pekan, jam bukanya lebih pendek yakni pukul 10.00 hingga 18.00.