Microsoft_GoogleTeknoflas.com – Kisah Manis Microsoft dan Google. Kisah manis antara Microsoft dan raksasa mesin pencari, Google pun mulai terjalin. Di bawah kepemimpinan Satya Nadella sebagai CEO, Microsoft telah melakukan pendekatan yang lebih kolaboratif, antara lain melalui kerja sama dengan rival lama Microsoft, seperti Salesforce, VMware, dan Apple.

Microsoft dan Google baru saja mencapai sebuah kesepakatan mengenai masalah paten. Kesepakatan tersebut menandakan pendinginan dari suasana yang memanas selama ini. Seperti informasi yang dihimpun dari PC World, Kamis (1/10/2015),

“Microsoft dan Google sangat senang mengumumkan kesepakatan tentang isu-isu paten ini. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, perusahaan akan menghentikan semua litigasi pelanggaran paten yang tertunda, termasuk kasus-kasus yang berkaitan dengan Motorola Mobility,” kata mereka dalam sebuah pernyataan bersama.

Adapun perkara hukum yang telah diselesaikan, termasuk yang berkaitan dengan ponsel, video encoding, dan teknologi Wi-Fi. Namun, tidak berarti juga bahwa Microsoft telah menghentikan kampanye mereka untuk mengumpulkan royalti dari para pembuat perangkat Android terhadap dugaan pelanggaran sistem operasi mobile dari paten Microsoft.

Meski tidak jelas paten manakah yang akan dikerjakan bersama-sama oleh kedua perusahaan itu di masa depan, setidaknya kita sudah melihat tanda-tandanya. Kedua perusahaan itu awal bulan ini sepakat untuk bekerjasama (bersama perusahaan lain seperti Netflix dan Mozilla) menggarap codec video bebas royalti.