Teknoflas.com –¬†Banyak orang rela melakukan apa saja agar berat badan turun, termasuk olahraga, diet ekstrim hingga operasi sedot lemak. Sebenarnya meraih berat tubuh ideal tidak begitu sulit, ikuti saja delapan cara berikut ini yang sudah terbukti manjur.

Turunkan berat badan tanpa olahraga & diet ketat
Turunkan berat badan tanpa olahraga & diet ketat

1. Pastikan tubuh memperoleh istirahat dan tidur cukup setidaknya tujuh jam per hari. Menurut penelitian, seseorang makan lebih banyak akibat kurang tidur. Hindari begadang malam hari yang justru memicu peningkatan nafsu makan.

2. Makan malam memang penting, namun disarankan 2-3 jam sebelum tidur. Makan satu jam jelang tidur justru memicu kenaikan berat badan, dampaknya juga buruk bagi kesehatan yakni gangguan pencernaan pada esok hari.

3. Banyak pelaku diet super ketat yang menahan lapar dalam jangka waktu begitu lama. Langkah ini sangat tidak dibenarkan karena berdampak buruk bagi tubuh. Efek lain yaitu bertambahnya nafsu makan yang ditandai dengan peningkatan porsi santapan.

4. Kalori tak hanya berasal dari makanan saja, bahkan minuman bisa memicu kenaikan berat badan. Jus dan minuman soda dalam kemasan mengandung kalori cukup tinggi. Jika haus dan ingin minum, pilih saja air putih yang diberi sedikit tambahan potongan mentimun atau lemon. Boleh saja minum jus buah, asal buatan sendiri dan tanpa gula tambahan.

5. Olahraga sangat efektif menurunkan berat badan, namun sebagian pelaku diet enggan melakukan karena tak punya banyak waktu. Sebagai gantinya, banyak bergerak! Pergi ke kantor dengan bersepeda atau menaiki tangga daripada lift sangat efektif membakar tumpukan kalori.

6. Mengatur porsi makan justru lebih manjur daripada minum obat pelangsing yang berbahaya bagi tubuh. Mengurangi porsi makan tidak begitu sulit, coba gunakan piring berukuran kecil yang menciptakan ilusi dan kebiasaan baik.

7. Habis makan perut masih lapar? Tak ada salahnya mencicipi makanan pencuci mulut biar rasa lapar tidak cepat menghampiri. Makan saja coklat hitam yang kalorinya rendah atau buah-buahan favorit seperti satu buah pisang dan satu buah apel.

8. Dianjurkan mengawali hari dengan minum satu-dua gelas air putih. Biar perut terasa kenyang dan porsi makan tidak berlebih, minum saja air putih.

Itulah delapan cara yang bisa ditempuh untuk menurunkan berat badan meskipun tanpa olahraga ataupun diet ketat.