Teknoflas.com –¬†Kejahatan pada anak-anak terus meningkat, para orangtua harus ekstra waspada agar keselamatan buah hati tercinta tidak terancam. Salah satu cara meningkatkan pengawasan pada anak yaitu membekalinya dengan alat komunikasi, yakni smartphone. Mengapa demikian?

Smartphone tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi biasa, namun bisa diubah sebagai alat pelacak. Dengan demikian, orangtua tetap bisa memantau lokasi anak berada dan terus mengamati pergerakan kemana pun pergi.

Pasang alat pelacak di smartphone anak
Pasang alat pelacak di smartphone anak

Ada dua cara mudah memasang alat pelacak di smartphone anak.

1. Unduh aplikasi pelacak

Semakin banyak developer yang mengembangkan dan merancang aplikasi pelacak dengan beragam fitur keamanan menarik, semua tersedia di Apple App Store dan Google Play Store. Aplikasi tersebut nantinya memanfaatkan GPS yang ada di perangkat Android atau iPhone.

Ada banyak aplikasi pelacak yang tersedia di toko aplikasi milik Android dan iOS seperti iLocalis, Mobiwee, Pocket-Nanny dan Google Latitude. Sebagian besar merupakan aplikasi berbayar, namun tak ada salahnya mengeluarkan sejumlah uang demi keamanan buah hati tercinta.

Usai menentukan pilihan, silahkan unduh dan pasang di smartphone anak lalu lakukan hal yang sama pada smartphone anda [orangtua]. Jadinya, smartphone anak akan terhubung dengan smartphone anda, sehingga dapat terus memantau keberadaan sang buah hati dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi pelacak juga menawarkan fungsi ganda yakni mengunci smartphone yang hilang sehingga tak bisa dibuka atau diakses orang lain. Dengan demikian data rahasia tetap tersimpan aman tanpa perlu khawatir.

2. Pasang software ke komputer

Selain melacak dari smartphone ke smartphone, sejumlah aplikasi juga menyediakan software tambahan yang bisa dipasang ke komputer atau laptop. Dengan begitu orangtua tetap bisa memantau si buah hati saat smartphone sedang di-charge. Biasanya software tambahan sudah satu paket, jadi tak perlu keluar biaya ekstra.