images

Teknoflas.com – Jika anda mengenail Swedia, negara ini menerapkan aturan baru untuk jam kerja. Pemerintah Swedia mengeluarkan peraturan yang bersahabat bagi pekerja, yakni kerja selama enam jam. Itu berarti bahwa warga Swedia yang biasanya menghabiskan waktu 40 jam bekerja dalam seminggu, kini dapat bekerja hanya 30 jam dalam seminggu.

Walaupun demikian, hal ini masih berlaku baru di beberapa perusahaan Swedia. Ternyata pengurangan jam kerja dapat meningkatkan produktivitas dan semangat kerja karyawan menjadi lebih baik.

Maria Brath, CEO Perusahaan Brath, mengatakan bahwa alasan untuk mengubah jam kerja menjadi enam jam adalah karena mereka peduli mengenai karyawan mereka. Maria merasa perlu untuk memberikan prioritas waktu mereka dengan keluarga, seperti memasak atau melakukan sesuatu yang mereka sukai. Hal ini diungkapkannya kepada CNN.

Perusahaan Toyota Services di Gothenburg juga melakukan hal tersebut. Mereka sudah menguah waktu kerja menjadi enam jam lebih dahulu, yaitu sejak 13 tahun lalu. Akibat perubahan jam tersebut, didapati bahwa adanya peningkatan laba dan staf lebih bahagia dalam bekerja. Kini perusahaan-perusahaan di Swedia dari mulai startups hingga besar mulai mencoba jam kerja tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah Gothenburg melakukan percobaan yang dimulai pada April 2014 dengan permisalan pada perawat rumah sakit yang bekerja di shift pendek. Walaupun hasilnya keluar pada tahun 2016, hasil saat ini menunjukkan bahwa kelelahan berkurang dan pekerjaan mejadi efisien.

Menginta bahwa untuk fokus bekerja dalam delapan jam tidaklah mudah, maka ketika melaksanakan jam kerja yang lebih pendek dengan maksimal karyawan garus mengurangi bisnis pribadi mereka seperti mengecek akun jejaring sosial dan pertemuan yang tak penting. Karena pada saat anda berusaha fokus dalam delapan jam, anda akan cenderung untuk mencampur hal-hal yang seperti berhenti bekerja supaya kerja lebih maksimal.