Teknoflas.com – Seperti diketahui, Blackberry ID menjadi faktor penting agar bisa memakai layanan Blackberry Messenger (BBM). Akan tetapi, semakin lama pemakaian muncul rasa bosan yang membuat pengguna ingin mengubah email atau username Blackberry ID. Apakah itu mungkin…?

Ganti Username & Email Blackberry ID
Ganti Username & Email Blackberry ID

Mengubah Blackberry ID sangat mungkin dilakukan dan caranya mudah! Melalui blog resminya, pihak RIM telah memposting langkah-langkah dan tips bagi pengguna BBM yang ingin mengganti email atau username.

1. Jika ingin mengubah Blackberry ID, maka harus mengetahui jenis perangkat atau OS sebab masing-masing memiliki metode berbeda. Lakukan saja pergantian lewat web browser bila tak mau repot.

2. Penggantian lewat web browser bisa melalui laman blackberry.com/blackberryid

3. Langkah selanjutnya yaitu melihat ‘SIGN IN’. Masukkan username dan password lalu klik sign-in.

4. Cari tulisan ‘Details’ lalu klik EDIT.

5. Nantinya ada sejumlah kolom yang bisa diubah, mulai dari username hingga alamat email. Jika ingin mengubah email, masukkan saja alamat baru lalu klik ‘SAVE’. Tak lama kemudian muncul surat konfirmasi yang dikirimkan ke alamat email yang baru diubah.

6. Buka email dan lihat inbox, cari email yang dikirim dari donotreply@blakcberry.com yang biasanya memuat subyek: Confirm your Blackberry ID mail address. Dalam bagian surat tersebut, terdapat tautan yang bertuliskan ‘Confirm your email address’ maka langkah selanjutnya yaitu meng-klik.

7. Nantinya secara otomatis layar monitor akan mengarahkan menuju ‘Confirm your email address’. Langkah selanjutnya cukup masukkan password Blackberry ID dan menekan ‘SUBMIT’.

8. Jika perubahan telah sukses dilakukan, maka sebuah pesan akan dikirim ke email untuk mengkonfirmasi perubahan Blackberry ID.