Teknoflas.com – Pencurian sepeda motor masih kerap terjadi dan tak lagi pandang bulu. Kendaraan roda dua yang ada di teras rumah saja bisa hilang jadi santapan empuk pencuri spesialis. Ada beragam metode yang mereka gunakan agar berhasil membawa kabur curian.

Beberapa tahun silam, pencuri menggunakan kunci T untuk menjebol keamanan motor. Kini metode itu sudah kuno dan tak lagi dipakai, namun mereka justru mengembangkan metode baru yang sangat berbahaya yakni memakai ‘Cairan Setan’. Cukup menuangkan cairan tersebut ke lubang kunci, maka motor bisa diakses dan dinyalakan.

5 tips aman dari pencurian sepeda motor
5 tips aman dari pencurian sepeda motor

Oleh karena itu, simak lima tips berikut ini agar sepeda motor kesayangan tidak menjadi korban pencurian.

1. Jangan asal parkir sepeda motor yang tak ada pengawasan. Jika mengunjungi tempat ramai, taruh motor di parkir resmi. Meskipun mahal, namun tingkat keamanan jauh lebih terjamin. Bagaimana jika parkir resmi penuh? Tak ada salahnya beralih ke parkir umum asal ada petugas penjaga yang meminta tarif. Biasanya tarif parkir umum lebih terjangkau dari parkir resmi, meski ada sejumlah kekurangan.

2. Masih berkaitan dengan parkir, pemilik harus meletakkan sepeda motor di titik lokasi yang mudah diawasi dari jauh. Hal ini juga berlaku saat menaruh di parkir umum tanpa ataupun ada pengawasan. Disarankan tak menaruh sepeda motor di depan halaman atau teras, sebaiknya motor dibawa masuk ke dalam rumah saat malam hari.

3. Pemilik harus waspada terhadap segala kemungkinan, termasuk adanya mobil box, pick-up dan truk yang terparkir di samping motor. Dalam beberapa kasus, pencurian turut melibatkan salah satu dari ketiga kendaraan roda empat itu. Motor yang terparkir diangkut secara diam-diam lalu dibawa kabur. Oleh karena itu, harap waspada bila menemui situasi ini.

4. Demi meningkatkan keamanan dari bahaya pencurian, tak ada salahnya membawa dan memasang kunci tambahan saat sepeda motor diparkir. Ada banyak kunci tambahan yang bisa dipilih seperti kunci disc cakram, rantai, gembok, alarm, kunci roda dan stang. Semua pengaman memang bisa dirusak, namun setidaknya bisa merepotkan aksi pencuri. Pertimbangkan memasang lebih dari dua kunci tambahan agar hati semakin nyaman.

5. Cairan setan milik pencuri spesialis memang momok menakutkan, namun pengaman pada hubungan listrik menjadi solusi terbaik. Motor tak akan bisa dinyalakan karena hanya si pemilik yang punya kunci untuk menghidupkan dan mematikan aliran listrik sepeda motor.

Demikian lima tips yang bisa ditempuh agar sepeda motor kesayangan aman dari intaian pencuri spesialis yang kerap menghantui dalam beberapa bulan terakhir.