Teknoflas.com – Main game, nonton video atau browsing internet bisa melalui smartphone android kesayangan. Sayangnya sejumlah pengguna merasa kurang nyaman melihat sesuatu di layar ukuran kecil. Mengatasinya tidak begitu sulit, bahkan tak perlu mengganti smartphone berlayar besar.

Hubungkan smartphone ke TV
Hubungkan smartphone ke TV

Salah satu kecanggihan smartphone android yaitu kemudahan untuk menghubungkan ke TV. Apakah itu mungkin…? Yup, apalagi TV keluaran tahun produksi 2011 ke atas yang sudah dilengkapi beragam fitur canggih. Lalu, bagaimana caranya agar smartphone terhubung ke TV…?

Sebenarnya ada dua opsi menarik yang bisa dipilih oleh pengguna yakni: 1) menghubungkan smartphone via koneksi wireless dari teknologi Miracast, 2) menghubungkan smartphone dengan kabel khusus.

1) Miracast

Teknologi Miracast memungkinan TV menampilkan apa yang ada di layar smartphone. Sayangnya cara pengaturan aplikasi sedikit rumit. TV diwajibkan punya fitur Miracast, oleh karena itu butuh Miracast dongle atau receiver.

Untuk mulai menghubungkan, coba buka menu Setting pada smartphone android lalu pilih Display > Wireless Mirroring or Cast Screen dan mengubah ke ‘On’. Tunggu beberapa detik hingga muncul daftar jaringan Miracast dari dongle atau televisi.

Langkah selanjutnya cukup menekan jaringan Miracast dan tunggu beberapa saat hingga koneksi stabil dari smartphone. Bila berhasil, maka semua tampilan di layar smartphone akan terpampang di TV.

2) Koneksi kabel

Menghubungkan smartphone ke TV dengan kabel tentu membutuhkan ‘kabel khusus’. Ada dua opsi yang bisa dipilih seperti

a. Micro HDMI ke HDMI.

b. MHL. Jenis ini punya dua tipe konektor, yakni MicroUSB ke HDMI. Oleh karena itu, pastikan smartphone sudah mendukung fitur MHL karena tak semua sudah memiliki teknologi keren ini.

Sebelum menghubungkan smartphone ke TV dengan kabel, pastikan perangkat sudah mengusung android versi 4.2 ke atas. Pastikan smartphone terkoneksi dengan kabel yang sesuai sehingga TV akan memunculkan gambar seperti yang tertera di layar ponsel.