Teknoflas.com – Android menyimpan sejumlah rahasia yang jarang diketahui pengguna. Tak banyak yang mengetahui bila ada kode tersembunyi di sistem operasi robot ijo. Bila kode itu diaktifkan, maka membuka ‘Menu Tersembunyi’.

image
Menu Tersembunyi Android

Sebenarnya, setiap smartphone android punya kode rahasia yang tak tertulis di buku manual. Hal itu sengaja dilakukan untuk memancing rasa penasaran agar mau mengoprek ponsel miliknya ataupun menghindari kejadian tak diinginkan yang berujung fatal pada perangkat itu sendiri. Dengan mengaktifkan kode rahasia, maka pengguna bisa mengakses ‘Menu Tersembunyi’.

Dilansir Teknoflas.com dari laman PhoneArena, berikut ini kode rahasia untuk membuka ‘Menu Tersembunyi’ atau dikenal dengan sebutan ‘Menu Android Testing’. Ada sejumlah rangkaian kode yang harus diketikkan oleh pengguna.

1. Silahkan buka menu panggilan telepon.

2. Masukkan rangkaian tombol *#*#4636#*#*

3. Usai mengetik karakter terakhir, secara otomatis muncul ‘Menu Android Testing’ yang mengusung empat submenu.

4. Disarankan tak mengubah pengaturan atau settings apapun karena berdampak besar bagi fungsi dan operasional ponsel secara keseluruhan.

Adapun empat submenu yang bisa dipilih oleh pengguna yaitu:

1. Informasi mengenai perangkat smartphone, mulai dari jaringan yang dipakai, nomer IMEI dan sebagainya.

2. Informasi mengenai baterai, mulai dari suhu, voltase dan kemampuan daya ponsel.

3. Statistik penggunaan perangkat smartphone, mulai dari aplikasi yang terakhir kali dipakai dan sejenisnya.

4. Informasi seputar jaringan WiFi, mulai dari tes ping, menyalakan serta mematikan jaringan WiFi dan jaringan seluler dan sebagainya.

Sayang kode di atas tak berlaku untuk semua perangkat, hanya beberapa saja yang menerima. Menu Android Testing harus dipergunakan secara hati-hati dan tak boleh teledor. Contoh, menonaktifkan ‘Phone Radio’ sangat tak disarankan karena fungsi seluler di smartphone otomatis tak berfungsi. Dengan demikian, ponsel kesayangan sama sekali tak bisa menerima transfer data, sms, bahkan panggilan.