Teknoflas.com – Inilah panduan cara makan atau mengkonsumsi semut jepang dengan benar. Masih banyak orang kebingungan bagaimana obat alternatif itu dikonsumsi, apakah harus gigit atau telan hidup-hidup. Setidaknya yang tertulis pada artikel ini bisa dicoba sendiri di rumah.

Ada 3 cara makan atau mengkonsumsi semut jepang
Ada 3 cara makan atau mengkonsumsi semut jepang

Berikut panduan cara makan atau mengkonsumsi semut jepang seperti dilansir dari beragam sumber.

1. Minum langsung

Bukan berarti harus digigit atau dikunyah, tetapi diminum langsung. Boleh saja gigit lalu kunyah, asal tidak merasa jijik ketika berada di mulut dan masuk ke tenggorokan. Bagi mereka yang baru pertama kali mencoba obat alternatif ini, disarankan untuk minum langsung. Bagaimana caranya?

  • Siapkan 2 gelas air putih hangat. 1 gelas diisi setengah, sedangkan 1 gelas diisi penuh.
  • Taruh beberapa semut jepang sesuai dosis (lihat tabel di bawah) ke dalam gelas yang diisi setengah air hangat.
  • Aduk gelas tersebut hingga semut mati tenggelam atau boleh saja langsung minum.
  • Jika minum langsung dan terasa sensasi ‘nyangkut’ di leher, segera minum gelas yang diisi penuh air hangat.

2. Makan dengan perantara

Cara makan atau mengkonsumsi semut jepang bisa melalui perantara makanan seperti pisang atau roti. Taruh saja semut sesuai dosis, entah mati atau hidup, lalu segera makan, kunyah dan telan dengan makanan favorit. Tidak perlu merasa takut atau jijik, boleh saja dimakan mati bila ragu memakan hidup-hidup.

3. Makan tanpa perantara

Semut jepang juga bisa dimakan tanpa perantara makanan atau air minum. Namun butuh keberanian untuk melakukannya, apalagi bagi mereka yang tergolong baru dengan metode obat alternatif ini. (Baca: Apa Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan? Ini Jawabannya!)

Itulah tiga panduan cara makan atau mengkonsumsi semut jepang yang bisa dicoba sendiri di rumah. Untuk takaran dosis, simak tabel berikut ini.

dosis makan semut hitam
dosis makan semut hitam

Menurut pengakuan orang-orang yang rutin mengkonsumsi semut jepang, mereka merasakan perubahan kondisi kesehatan yang jauh lebih baik.