Teknoflas.com – Mengendarai sepeda motor memang menyenangkan, sayangnya tak semua pengendara tahu cara yang benar mengerem laju kendaraan roda dua. Sebenarnya ada teknik pengereman sederhana yang wajib diketahui karena sudah menjadi bagian dari penunjang keselamatan berkendara.

Sayang sekali, teknik sederhana ini masih tidak diketahui oleh sebagian besar pengendara sepeda motor. Mereka cenderung asal ngerem yang justru berbuntut pada resiko kecelakaan fatal.

image
Cara Benar Mengerem Sepeda Motor

“Teknik dasar merupakan cara pengeraman terbaik yang wajib diketahui pengendara. Sayangnya mereka jarang praktek dan sering terlupakan. Padaha teknik ini sangat penting,” beber instruktur safety riding PT Daya Adicipta Mustika, Aldea Henry.

Menurutnya, saat ini masih banyak pengendara yang memakai dua jari untuk menekan rem tangan. Meskipun sepele, ternyata itu teknik salah dan tidak dibenarkan. Henry mengatakan, menekan rem tangan dengan dua jari sangat membahayakan pengendara.

“Menekan rem tangan dengan dua jari bisa mengurangi keseimbangan, potensi setang motor akan goyang pun lebih besar,” ucapnya.

Henry menyarankan pengendara untuk menekan rem tangan dengan empat jari. Nantinya setang sepeda motor tidak akan goyah dan pengendara berada di posisi seimbang. Hal ini dikarenakan kendali sepeda motor yang berpusat pada tangan.

Mengerem sepeda motor juga harus memperhatikan sejumlah kondisi jalanan. Saat berada di lintasan lurus, lebih disarankan memakai rem depan, bukan rem belakang. Sementara melintasi jalanan penuh tikungan disarankan memakai rem belakang untuk keseimbangan dan hindari memakai rem depan.

Selain mengetahui dan mempelajari teknik mengerem sepeda motor, pengendara harus rutin memeriksa kondisi rem. Disarankan segera ganti apabila kondisi kampas rem sudah aus. Jangan pernah membiarkan salah satu bagian rem tidak berfungsi, rem depan dan rem belakang punya peran penting yang tak boleh diabaikan.

“Jangan pernah sepelekan peran rem depan dan rem belakang, keduanya punya peran penting dalam menjamin keselamatan berkendara,” saran Henry.

Teknik mengerem dasar di atas berlaku untuk segala jenis sepeda motor dengan pemakaian normal di jalan raya. Dengan rutin berlatih dan menerapkan, maka resiko kecelakaan atau terjatuh bisa ditekan.