Teknoflas.com – Ada banyak bagian penting dari sepeda motor yang harus rutin diganti secara berkala, salah satunya adalah kampas rem. Karena punya peran vital dalam kendaraan roda dua, sebaiknya pengendara memperhatikan kualitasnya terutama saat membeli.

Sekarang ini banyak penjual tak bertanggung jawab yang menawarkan kampas rem palsu yang tentunya sangat berbahaya bila terpasang di sepeda motor kesayangan. Lalu bagaimana cara membedakan yang asli dan palsu…?

image
Cara Bedakan Kampas Rem Palsu & Asli

“Dahulu gampang banget membedakan mana kampas rem motor yang palsu dan asli, bahkan cukup melihat warnanya saja. Kalau sekarang sulit banget karena sudah dalam bentuk barang jadi,” beber GM Motorsport and Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin.

Kesamaan antara kampas rem palsu dan asli karena menempuh proses pembuatan yang sama, yakni dari bahan dasar menyerupai tepung yang lalu dipadatkan, direkatkan kemudian dipanaskan. Dengan demikian, sulit bagi orang awam untuk membedakan keduanya.

Meskipun demikian, trik itu tak berlaku bagi teknisi berpengalaman yang dapat membedakan barang palsu dan asli.

“Teknisi mengerti kode-kode tertentu yang tak dipahami oleh orang awam, salah satunya adalah paint indicator. Kampas rem motor asli keluaran pabrik punya paint indikator. Itu bisa diketahui langsung dari Quality Control dan warna setiap produsen motor berbeda-beda. Inilah yang tak ada di barang palsu,” ungkap Abidin.

Lalu, bagaimana agar tidak membeli kampas rem palsu…? Abidin menyarankan pengendara hanya membeli langsung di toko spare part resmi yang sudah terbukti kualitasnya. Produk yang tersedia dibekali dengan kode keaslian partisi, segel dan ada stiker hologram.

Mengapa pengendara harus menghindari kampas rem palsu…? Barang palsu terbuat dari bahan-bahan yang tak ramah bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Selain itu juga membahayakan keawetan sepeda motor kesayangan.

“Kampas rem palsu mengandung bahan berbahaya yakni asbestos yang sudah resmi dilarang penggunaannya di sejumlah negara, termasuk Indonesia,” tutup Abidin.

Itulah cara yang perlu diketahui pengendara untuk membedakan kampas rem asli dan palsu agar tidak mudah tertipu.