142977_cuka-apel_663_382

Teknoflas.com – Banyak orang mengatakan bahwa mengonsumsi apel setiap hari, dapat menjauhkan diri dari berbagai penyakit. Namun, manfaat apel bagi kesehatan, tidak hanya terbatas pada konsumsi buahnya saja.

Mereka yang dengan rutin meminum cuka apel juga akan merasakan khasiat kesehatan yang tidak sedikit.  Cuka apel memang memiliki rasa asam, namun dibanding cuka lainnya, cuka ini memiliki rasa yang paling menyenangkan. Gabungan asam dan manis yang cukup menggoda.

Cuka apel dibuat dari sari apel yang difermentasi. Oleh karena itu, cuka apel dibuat dari buah segar. Dan tentunya, segala kebaikan dan nutrisi apel masih terkandung di dalamnya. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan bahwa cuka apel memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih besar dibanding apel dalam bentuk jus.

Dari laman Daily Meal, ada enam alasan mengapa harus konsumsi cuka apel. Berikut alasannya:

1. Dapat meningkatkan fungsi kognisi

Dalam penelitian yang dilakukan University of Massachusetts, ditemukan bahwa cuka apel dapat meningkatkan fungsi kognisi seseorang. Adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam cuka apel dapat memperbaiki daya ingat. Tidak hanya itu, cuka apel dapat memperkuat kekebalan tubuh.

2. Melakukan pencegah serangan jantung dan diabetes

Cuka apel memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Antioksidan ini selain dikenal sebagai pencegah kanker, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan diabetes tipe 2.

3. Mencegah penyakit kronis

Cuka apel juga terdapat kandungan folifenol. Kadarnya yang tercatat empat kali lebih tinggi dibanding cuka apel. Antioksidan ini dipercaya mampu mencegah berbagai macam kanker.

4. Mengatasi konstipasi

Berbeda dengan cuka lainnya, cuka apel memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Bagi anda yang memiliki masalah buang air, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi cuka apel.

5. Meningkatkan imunitas

Cuka apel juga memiliki kadar zat besi yang cukup untuk kebutuhan zat besi harian. Selain zat besi, cuka apel juga cukup banyak mengandung vitamin C yang dapat memperkuat sistem imunitas.

6. Menurunkan kolesterol

Seperti halnya buah lainnya, cuka apel memiliki kandungan pektin yang baik dalam menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh.