Teknoflas.com – Cara deteksi dini kanker payudara di rumah sangat mudah, cukup bermodal cermin maka sejumlah gejala awal bisa diketahui. Penting sekali bagi wanita yang mendeteksi sedini mungkin, agar menerima pengobatan sejak awal demi menghalangi perkembangan sejumlah gejala dan keluhan berbahaya di masa depan.

cara deteksi dini kanker payudara
cara deteksi dini kanker payudara

Begini lima langkah deteksi dini kanker payudara yang bisa dilakukan kaum wanita di rumah.

1. Berdiri depan cerman tanpa mengenakan sehelai pakaian apapun. Tegapkan bahu dan taruh kedua tangan di atas pinggang, mulailah memperhatikan payudara apakah ada perubahan bentuk, ukuran dan warna. Waspadai perubahan seperti kulit mengkerut atau menggembung, posisi puting masuk ke dalam, kemerahan, pembengkakan, ruam dan rasa sakit di sekitar payudara.

2. Selanjutnya angkat kedua tangan dan perhatikan kembali apakah ada perubahan serupa.

3. Selagi masih berdiri depan cermin, lakukan deteksi dini kanker payudara dengan melihat apakah ada cairan yang keluar lewat salah satu puting. Cairan tersebut bisa darah, lendir kekuningan, menyerupai susu dan berair.

4. Langkah selanjutnya deteksi dini kanker payudara yaitu tidur terlentang di atas lantai atau kasur. Gunakan tangan kanan untuk mengecek kondisi sekitar area payudara kiri, begitu pula sebaliknya.

Sentuh seluruh area secara lembut dan pelan dengan jari-jari tangan dengan gerakan melingkar. Lakukan pemeriksaan secara seksama, mulai dari atas-bawah, sisi samping, area sekitar dekat ketiak, belahan dada dan perut.

5. Langkah terakhir deteksi dini kanker payudara yaitu melakukan langkah nomer 4 namun dengan posisi berdiri atau duduk. Sejumlah wanita mengaku lebih mudah merasakan seluruh area payudara ketika kulit dalam keadaan basah dan licin, jadi boleh saja dilakukan saat tengah mandi.